Blogwalking Tip: Memahami Komunitas

Blogwalking Tip: Memahami Komunitas

Blogwalking bukanlah rahasia lagi sebagai salah satu cara efektif untuk menaikan trafik blog, sekaligus menjaring kenalan baru di dunia blogging. Namun usaha yang satu ini termasuk memakan waktu dibanding dengan hasil yang didapatkan. Selama anda menikmati prosesnya, bukanlah suatu beban. Tapi tidak ada salahnya juga bila kita bisa melakukan aktifitas blogwalking ini dengan efektif, yaitu dengan cara memahami komunitas yang ada.

Sebelum lanjut ke pokok masalah, perlu dipastikan bahwa anda telah menentukan tema dan tujuan blog anda. Seperti yang dibahas oleh Bloggingly, blog itu bisa beragam jenisnya. Anda masuk kategori mana? Dari penentuan tema, anda bisa memperkirakan pengguna macam apa yang cocok sebagai pembaca ideal blog anda. Seorang fashionista pasti jarang paham dengan hal2 berbau IT. Begitu juga seorang pelaku IT, belum tentu suka hal2 menarik di dunia fashion.

Definisi Komunitas

Definisi komunitas dalam perbincangan ini adalah segerombolan orang (pembaca) dengan tujuan atau minat yang sama. Entah mereka mempunyai hubungan nyata di kehidupan yang sebenarnya, atau hanya sekedar di dunia maya.

Bila diamati secara jeli sewaktu blogwalking, anda bisa mengamati di blog2 yang sejenis tentunya yang berkomentar juga orang2 yang sama. Bila melangkah lebih jauh dengan menelusuri blog2 para pengunjung, bisa dirasakan suatu kesamaan. Namun bila kita memulai dari sisi blog yang lain atau yang baru, anda akan terdampar di kelompok blogger yang berbeda. Inilah yang dimaksud dengan komunitas2 blogger yang perlu anda pahami.

Menemukan Sang Rainmaker

Di suatu jaringan tentu beberapa individual yang mempunya koneksi atau jaringan yang jauh lebih banyak dibanding rata2, yang istilahnya disebut Rainmaker. Sosok ini biasanya berupa blogger yang telah terkenal, atau seorang selebriti dengan pengikutnya yang berjibun. Lewat sosok rainmaker inilah anda bisa menemukan komunitas2 baru lewat jaringannya yang luas.

Dengan metode ini diharapkan jaringan blogwalking anda jadi lebih luas dan bisa menemukan kenalan2 baru.

Ada komentar? Jangan lupa sebutkan rainmaker anda πŸ™‚

22 thoughts on “Blogwalking Tip: Memahami Komunitas

  1. Hehe, siap dan sedang di praktekkan. πŸ˜€

    anyway, saya juga sering blogwalking dan menarik pembaca baru dengan tebar komentar di blog pembaca NavinoT πŸ˜€

  2. blog walking & community; good post!
    Suatu topik yang sedang saya dalami juga, mengingat sedang berusaha memahami arus masuk ke blog2 saya dan referal2nya.

    Sejak saya dapat project posting berantai dari seorang teman blogger, saya melanjutkannya ke teman lain setelah membuat posting saya sendiri. Project posting berantai ini diharapkan selain membuat project yg fun juga menciptakan komunitas blog buat masing2 yang terlibat.

    Silahkan di ikuti perkembangannya lewat:
    atau langsung ke:

  3. Untuk sekedar tips saja, untuk mendapatkan blog kesukaan Anda (informasi yang diharapkan)?.
    1. Mencari terlebih dahulu topic yang diinginkan di search engine yahoo atau google
    2. Ketika sudah surfing dan mendapatkan suatu blog seseorang, cari link/blogroll yang berhubungan dengan blog tersebut.
    3. Buka satu-satu di panel link/blogroll, dan jikalau sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan lupa di bookmark
    4. Buka hari selanjutnya, lihat apakah beritanya update atau tidak dan lihat juga fluktuasi update beritanya, perhari kah atau per 3 hari kah, etc. Jadi Anda bisa melihatnya kembali berdasarkan fluktuasinya.:)

  4. Makanya pertamanya blog saya yang khusus segmentasinya, hari ke tiga langsung saya ganti karena saya baru nyadar kalo komunitas saya orang orang yang jarang buka internet apalagi blogwalking.

  5. sori ikut nimbrung.. cuman piece of mind ajah.. stupid maybe.. klo misalnya qta ambil lebih dari satu tema bukankah range audience qta malah lebih lebar? kebetulan klo NavinoT khan emg dasarnya orang IT semua, nah klo dua individu dari background yang berbeda membuat satu blog dengan tema yang berbeda apakah haram? bukankah malah keliatan lebih rame?

    once again.. maybe it just my stupid piece of mind.. πŸ˜›

  6. @Locca Loco,

    saya boleh ngasih pendapat kan ? πŸ˜› , menurut saya bila satu blog mempunyai dua tema, memang sepertinya bagus karena punya dua warna, tapi sayangnya akan mudah kehilangan fokus. Orang datang ke Navinot contoh nya karena ingin membaca tulisan tentang IT bukan yang lain. It’s just my 2 cent

  7. wah, baru dapet link dari detik. haha… katrok ya, saya.
    Tapi yang jelas, selain blogwalking, artikel yang disajikan harus orisinil dan berkualitas.

    tul?

    Warm Regard.

  8. mampir sebentar nih, boleh tahu dampak blogwalking itu, + dan – (kalau ada)apa ya? maklum belajar baru sebulan, silakan mampir…

Comments are closed.

Comments are closed.