Pentingnya Markas Besar di Dunia Maya

Pentingnya Markas Besar di Dunia Maya

Jaman telah berubah dan teknik pemasaran telah jauh berkembang. Kehadiran social media sebagai alternatif telah membuka peluang bagi banyak orang untuk berpartisipasi di dunia maya, entah secara personal, profesional, atau komersial. Namun dengan semakin banyaknya pilihan membuat pengguna bingung dan berlompatan antara layanan yang satu dengan yang lainnya dan membuat strategi (pemasaran) yang dijalankan tidak terfokus.

Apa Itu Markas Besar?

Peduli anda seorang blogger, freelancer, marketer, ataupun seseorang yang super narcis, hendaknya anda mempunyai satu titik yang menjadi pusat perhatian dari seluruh aktifitas anda di dunia maya. Inilah yang dimaksud dengan sebuah markas besar, yang menerima arus masuk dari hasil semua aktifitas anda. Markas besar bisa berupa sebuah blog, atau situs korporat resmi.

Membangun Pangkalan Baru

Pangkalan baru adalah tempat yang bertujuan untuk mempromosikan materi utama. Di sini anda bisa melakukan aktifitas2 sesuai dengan fungsi layanan, entah itu layanan social network untuk menjaring relasi baru, atau microblogging untuk memberi permberitahuan singkat. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat markas besar anda di setiap pangkalan.

Media Baru Sebagai Alat Bantu

Dengan tersedianya berbagai macam layanan baru,kadang membuat kita jatuh hati dan berpaling dari aktifitas utama anda. Bila dulu anda adalah fans berat blogspot, mencoba memakai WordPress bisa membuat anda berubah hati, atau sebaliknya. Tidak hanya layanan yang sama, tapi juga produk2 baru seperti Plurk yang membuat sebgian blogger untuk malas menulis artikel baru. Ingatlah selalu untuk memakai media baru ini sebagai alat bantu, bukan markas baru.

Blogging di Berbagai Layanan

Membuka blog dengan tema yang sama diberbagai layanan merupakan kesalahan yang sering dijumpai. Selain memakan waktu yang banyak, juga menyaingi diri sendiri dan persaingan ini tidak akan tuntas selama anda terus menulis.

Konsep Mini Situs

Membangun sebuah mini situs untuk suatu produk/layanan baru hendaknya dipertimbangkan dengan matang dan harus mempunyai tujuan/konsep yang nyata. Umumnya mini situs diluncurkan untuk event tertentu atau memberi total experience dari produk atau layanan tersebut. Yang perlu dihindari adalah duplikasi informasi yang kerap melupakan situs utamanya.

Giliran Anda…

Sebagai pengguna internet, silahkan berbagi:

  • Apakah anda pernah melakukan hal ini atau menjumpai hal yang sama?
  • Apa profesi anda, dan apa strategi anda untuk membangun sebuah markas?

Silahkan berkicau di bawah dan semoga artikel ini membantu mengingatkan tujuan utama anda di dunia maya.

PS: Untuk kelanjutannya, kita akan membahas syarat2 ideal sebuah markas besar.

18 thoughts on “Pentingnya Markas Besar di Dunia Maya

  1. “Membuka blog dengan tema yang sama diberbagai layanan merupakan kesalahan yang sering dijumpai” so apakah ini berarti dianjurkan untuk membuat blog terpisah dengan tema yang berbeda?

  2. I’m a big sucker for microsites! They are super fun, refreshing, and always gives such an immensely positive impact.

    100% agree that they are nothing without sebuah markas besar – tulangpunggungnya.

  3. Pertamax…
    yes! asyik!
    Kalo saya malah rada sulit mengintegrasikannya ya.. situs layanannya masih mencar2… blog utamanya belom bisa jadi media buat promosiin layana2 yang ada. Karena pengunjung blog dasar emang blogger yang seneng (ya kaya saya sendiri) gratisan…
    Jadi belom ada yang bisa disebut Mabes…
    kalo masalah media baru, emang saya tahan2 biar gak mengalihkan perhatian…sampe hari ini paling tahan2 untuk urusan nge-Plurk…

  4. @Locca Loco :
    mungkin sebaiknya iya 😀 misalkan kita suka dengan musik,film,serta olahraga kayaknya lebih baik jika ingin membuat blog di tempat yang terpisah kita lebih baik memfokuskan untuk satu topik di satu blog. Supaya apa?? supaya tidak ada duplikasi informasi yang sama. Ada kecenderungan juga konten yang spesifik lebih disukai.. hehehe.. *mudah – mudahan ndak OOT ya*

  5. tapi klo di satu blog qta kasi lebih dari satu topik khan manajemennya lebih gampang. iya gak siy? daripada terpecah2 fokusnya n kadang khan pusing juga nyari bahan baru setiap harinya dengan satu topik. kecuali klo qta adopt dari bahan orang laen siy beda urusannya lagi. :p (sorry.. ga suka repot siy)

  6. saat ini blog gratisan dan layanan microblogging gue jadikan linkage untuk meningkatkan rangking di google dan penyebaran berita blog utama lebih luas, hanya saja tidak menggunakan duplikasi konten. Hal ini juga akan menarik traffic di user2 microblogging dan blog tadi.. yang hasilnya traffic akan meningkat menuju markas besar yang ada

  7. @Locca Loco – Kalo blognya punya topik & tujuan tertentu, jangan dicampur dengan aktifitas lain. Contohnya, anda membahas tentang SEO di blog A, di blog B sudah jangan ngomong ttg SEO lagi. Mungkin topik lain, seperti automotive atau selebriti. Kalo begini khan tidak saling menggangu.

    @Minutestar – Yup! Microsites are fun & I am not against it. As long as the concept leads to the main site.

    @BLogicThink – Kayaknya anda berusaha memakai 1 blog untuk memasarkan banyak produk. Malah satu kebalikan. Harusnya pake ‘alat bantu’ lain untuk bantu promosiin blog utama kamu, termasuk blog lainnya yang beda topik.

    @Dewakecil – Betul! (Jadi Dewa besar nih skrng)

    @Anggi – Nah ini yang sudah pengalaman 🙂

  8. tapi bukannya bikin markas yg niche itu lebih baik ya? klo kita bikin markas besar yg isisnya segala macam tumple blek di satu tempat tanpa ada niche topiknya bukannya malah susah kebentuk brandingnya???

  9. markas di dunia maya penting, karena dengan markas dunia maya kita bisa membangun partner yang lebih luas, dan setelah itu baru kopi darat untuk lebih mengenal dekat.

  10. keren! sip maz, aku udah mengapplikasikannya… sekarang juga lebih mudah, dengan bantuan plurk yang bisa auto update ke social network lainya… so sekali update plurk semua bisa terupdate dan pada akhirnya nanti akan tersentra pada website utama 🙂

  11. kalau saya boleh menyimpulkan, intinya bgini: sesuatu yang besar harus ditopang dengan sesuatu yang kecil agar markas utama (besar) semakin kokoh.

    Hal yang kelihatannya sepele ternyata memberi dampak yang luar biasa.

    Terimakasih atas pencerahannya

Comments are closed.

Comments are closed.