Great Blogging

Great Blogging

Bagaimana sebaiknya kita melakukan blogging. Tidak ada teori baku yang harus diikuti, tapi ada beberapa hal atau tips yang bisa diperhatikan. Simak beberapa hal dan tips di bawah ini.

Blogging seharusnya dimulai dari passion (hal yang selalu menarik). Passion memberikan sumber energi tak terbatas. Tidak perlu dicari tetapi selau tersedia dalam diri kita sendiri.

Blogging adalah tentang berbagi. Tanpa semangat berbagi, tak akan banyak orang yang akan datang apalagi berkomentar. Komentar tidak dapat diabaikan karena blogging adalah salah satu bentuk percakapan. Inilah esensi interaksi dalam Web 2.0. Inilah yang membedakan blogging dari homepage di era Web 1.0.

Dua poin tersebut adalah hal utama yang semestinya dimiliki blogger. Tapi masih ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan dalam blogging. karena blogging adalah percakapan maka kita harus bisa mendatangkan orang kedua sebagai partner bercakap-cakap.

Pilihlah topik yang menarik. Ada gula ada semut. Topik yang menarik memancing pembaca untuk singgah dan diharapkan mampu memicu interaksi. Topik yang menarik adalah topik yang eksklusif, entah dari segi isu/wacana atau dari segi kualitas. Ada beberapa wacana menarik yang belum banyak dibahas orang, yaitu: travelling, health dan automotive. Menariknya adalah topik ini sebenarnya topik yang “umum” dalam artian menyentuh banyak orang, tapi justru tidak banyak yang membahasnya. Di sini terlihat,terkadang diperlukan kacamata khusus untuk mencari topik niche. Ingat, pilihlah topik yang unik dan cocok dengan diri kita sendiri. Topik otomotif mungkin menarik, tapi tak masuk akal jika jika sebenarnya sama sekali tidak punya relasi atau expertise.

Energi telah ditemukan. Topik pun telah dipilih. Lalu apa selanjutnya? Selanjutnya adalah pertahankan pendirian Anda. Jadilah orang yang konsisten tapi tidak bebal. Menjadi konsisten adalah penting karena pembaca bisa menilai kita ada di sisi mana. Ini akan jadi bekal penting jika pembaca nantinya menginginkan pandangan tentang suatu hal dari perspektif kita.

Termasuk dalam usaha mempertahankan pendirian adalah konsistensi dalam aktivitas blogging. Selalu ada banyak rintangan dalam blogging, termasuk di dalamnya adalah: keluarga, kerja, dan bersenang-senang.  Beberapa menyarankan untuk blogging secara berkala. Beberapa lainnya menyarankan setiap hari untuk menjaga visibility.

Baik berkala atau tidak, setiap tulisan kita haruslah mempunyai kualitas: tidak rugi dibaca. Hal ini penting karena pembaca selalu menginginkan hal yang belum diketahui. membicarakan hal yang sama tanpa ada tambahan apapun tak akan menarik pembaca.

Jangan lupa juga untuk memonitor aktivitas situs dan pembaca sebagai bahan evaluasi. Ketahui apa yang sudah pada jalurnya dan apa yang bisa ditingkatkan atau sama sekali dihilangkan.

Dan masih ada beberapa hal lain terkait bagaimana berinteraksi dengan pembaca. Sejauh ini, seberapa banyak yang telah Anda lakukan?

Kredit: Presentasi Pak Nukman Luthfie di Pesta Blogger 2008.

17 thoughts on “Great Blogging

  1. @bayuserli
    All credits go to Pak Nukman. NavinoT meneruskan semangat berbaginya saja. Tapi tentu saja dengan elaborasi a-la NavinoT 😉

    Jika trik ini berhasil memancing Bayuserli untuk berinteraksi, trik yang lain pasti juga bermanfaat untuk diimplementasikan 😉

  2. Basicnya harus ada passion tentang apa yang diblogging.. tapi meski konten bagus, kalo jarang blogwalking ( sebar url ) tetep susah sih kalo cuma ngarepin “diketemukan”

  3. Secara great blogging tidak ada resep khusus dan didasari oleh semangat berbagi, maka prinsipnya adalah read, think, then write.

    Dan yang paling diingat adalah dengan berbagi ilmu yakinlah kita akan mendapat lebih banyak ilmu.

    Syarat berikutnya adalah tulislah yang memang pantas untuk ditulis. Misal kita sebagai secret service agent, tentu saja jangan menulis rahasia negara di blog umum.

    Ngeblog gitu?

  4. @Pitra
    W00t! Thanks buat tulisannya di masa lampau. Jaman segitu saya blm kenal dan rajin membaca blognya Pitra :D. Tapi saya tahu tentang tulisan advergame di situ 😉

  5. @nafasku
    Boleh. Asal disebutkan sumbernya dgn jelas ya. Tapi jangan terlalu sering copas, ndak bagus buat reputasi situ 😉

Comments are closed.

Comments are closed.