Yang Perlu Diingat Tentang Viral Marketing

Yang Perlu Diingat Tentang Viral Marketing

Viral Marketing sering diasumsikan sebagai cara jitu untuk memasarkan suatu produk. Identik dengan biaya murah dan hasilnya (ROI) berlipat ganda. Namun seperti halnya kampanye marketing lainnya, penerapan viral marketing itu kompleks dan banyak hal yang perlu diperhatikan.

Artikel Seth Godin, rasanya pas sekali mengingatkan bahwa:

  • Unsur viral harus ada di produknya sendiri. Dengan kata lain orang yang menerimanya harus senang dengan barang tersebut.
  • Membuat video lucu dengan mencantumkan URL anda memang viral, tapi hal ini tidak membangun korelasi brand anda dengan materi video yang ditayangkan. Contoh viral video sukses adalah Blentec.
  • Alat pembantu seperti tombol share atau email sangat membantu penyebaran materi, karena sudah pasti mempermudah pengguna.

Begitulah sedikit catatan ringan NavinoT, jangan lupa simak lainnya.

One thought on “Yang Perlu Diingat Tentang Viral Marketing

  1. Hai….
    Salam kenal, saya setuju emang viral marketing adalah terobosan pemasaran yang bagus. O iya untuk masukan salah satu syarat penting dalam viral marketing :
    1. Produk yang di tawarkan bersifat repeat order/berulang
    2. Produk tersebut tidak tergantikan
    Pulsa saya kira contoh yang cukup sempurna.
    O iya selain itu salah satu ciri utama viral marketing :
    1. Sistem yang relatif simple dan mudah untuk di jelaskan, karena viral marketing lebih menekankan pada WOM (Word of Mouth)
    2. Tidak ada target poin/penjualan karena viral marketing lebih menekankan pada mengubah cara belanja (smart consumer), dengan menjadi konsumen yang bijak ternyata kita bisa memperoleh banyak nilai tambah. Salah satunya nilai ekonomis.
    Salam kenal

Comments are closed.

Comments are closed.