Apakah E-Commerce Menguntungkan?

Apakah E-Commerce Menguntungkan?

visa

Tarif internet turun, layanan internet semakin terjangkau, pengguna semakin banyak, dan solusi toko online semakin beragam. Siapkah kita dengan e-commerce?

Pada dasarnya, e-commerce adalah proses transaksi jual beli produk atau layanan secara elektronik (jaringan internet). Proses penawaran yang dilakukan sang penjual ditanggapi oleh para pembeli lewat media elektronik, dan berakhir dengan suatu transaksi, serta perpindahan barang atau penyajian layanan. Salah satu proses yang membuat roda ekonomi terus berputar.

Apakah ini jaminan bahwa e-commerce menguntungkan?

Gampang Dimulai

Untuk memulai suatu toko online hanya dibutuhkan domain, hosting, dan aplikasi untuk menampilkan barang dagangan. Relatif murah bila dibanding biaya sewa ruang yang strategis, seperti di mal atau pasar, apalagi di ibu kota.

Bahkan dengan semakin banyaknya solusi siap pakai, toko online bisa siap beroperasi dalam 24 jam. Gampang dan cepat bukan?

Peluang Lebih Dengan Modal Kurang

Dengan biaya yang relatif murah, peluang untuk memulai usaha jadi semakin besar, meskipun modal masih pas-pasan. Banyak biaya awal bisa ditekan, karena tidak perlu sewa ruang atau hal-hal yang tidak terlalu penting. Dari dapur rumahpun usaha online bisa dijalankan, asal ada sambungan ke internet.

Selain biaya, peluang untuk melayani pelanggan juga menjadi luas. Faktor geografis sudah bukan lagi halangan, karena siapa saja dan di mana saja bisa melihat barang dagangan anda lewat situs toko online.

Melibatkan Lebih Banyak Pihak

Dengan semakin banyaknya pihak yang terlibat, transaksi juga semakin sering terjadi. Sang pemilik toko, butuh bahan untuk pengiriman barang, jasa aplikasi, dan perangkat komputer yang baru. Semua jadi merasakan imbasnya, tidak hanya transaksi terhadap konsumen, tapi juga antar pengusaha. Tentu saja bagi-bagi keuntungan bukan?

Tipe Persaingan Baru

Karena semua punya akses dan peluang sama untuk membuka toko online, modal besar dengan lokasi strategis bukan faktor utama lagi. Begitu juga macam barang dagangan yang tidak perlu dilihat dengan mata kepala sendiri, layaknya elektronik. Asal tahu spesifikasi, harga, dan garansi, pembelian secara elektronik tidak terlalu repot.

Oleh karena itu, timbul persaingan jenis baru. Barang-barang seperti contoh diatas jadi ‘sama’ dan hanya berbeda karena harga. Hal ini juga terjadi dengan perdagangan sektor elektronik di Amerika, bahwa keuntungan semakin menipis karena persaingan tak sehat ini. Tidak hanya perlu strategi, tapi juga trik pemasaran baru.

Ancaman Pemain Besar

Kalau peluang terbuka lebar untuk memulai, apakah pengusaha masih bisa bersaing dengan pemain besar, layaknya Amazon? Bukankah dengan daya beli yang begitu kuat, para pemain besar bisa menawarkan harga yang lebih murah?

Apa Pendapatmu?

Peluang semakin lebar, ancaman juga tidak kalah besar. Apakah e-commerce masih menguntungkan?

PS: Apakah anda suka topik seputar e-commerce dan online store semacam ini?

33 thoughts on “Apakah E-Commerce Menguntungkan?

    1. Ditambah dengan persaingan yang membuat keuntungan jadi menipis… =_=

      Yang paling menguntungkan adalah menjual produk yang benar2 unik/ satu-satunya yang ada di toko online yang kita miliki.

      Misal baju dengan desain gokil/ aneh, hasil kerajinan tangan dari yang terbaut dari bahan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya, dll.

      Dan toko online besar kita manfaatkan juga untuk mmembantu pemasaran produk2 tersebut.

    2. Bener juga tuch, terkadang Kita tidak memperjuangkannya lantaran ” Modal Kecil “, tape seharusnya sekecil apapun langkah Kita, Kita tetap harus menyikapinya dengan kesungguhan 😀

  1. Mirip dengan boomingnya whitelabel social app, e-commerce juga sedang booming. Di toko buku saat ini selain tutorial sistem operasi, dan aplikasi grafis, bertebaran juga buku tutorial toko online dengan joomla, multiply, dan lain-lain.

    Mudah-mudah susah jadinya karena isu teknikal bukanlah masalah utama.

  2. menguntungkan kalau sudah bisa tertata dengan baik, yang susah mungkin awal membuatnya. menjaring konsumen. dan kalau sudah berkembang harus bersaing dengan lapak tetangga

  3. Yang penting membangun kepercayaan & kredibilitas krn pengunjung tdk mudah mempercayai suatu situs. Lebih mudah percaya pada toko nyata yg besar. Mo lomba cepet2an bikin post tips2 membangun e-commerce yg kredible? ^_^

  4. Nggak, sama sekali nggak menguntungkan, nggak usah terjun ke e-commerce! *comment-mencurigakan-dari-pemilik-lebih-dari-satu-ecommerce-site*

  5. Tergantung si sebenernya. Kl cuma coba2 bisa aja kok. Sempet baca ada e-commerce yang jualan di forum k****s, kemudian terbukti berhasil, dan bahkan sampe masuk koran apa gitu.

  6. Linkback? Asik tuh, hehe. Kasih jam n tanggal kali aja bisa post tema sama bareng2 pd saat yg sama (wib van, jgn waktu amrik. Bisa ngantuk smua ntar,hehe). Ndak boleh saling intip, hehe…

  7. pasti untung dong 🙂

    tapi ya itu kredibilitas harus bener2 di jaga, salah sedikit aja bisa kacau deh kalau jualan online..

    dan potensi di sini sendiri makin hari makin meningkat kok, makin banyak orang yang berani beli online.

  8. Menguntungkan dong…
    “Pengguna internet di indo sebanyak itu masa ga bs ngasilin duit sama sekali??” paling tidak itu komentar salah satu teman yg “nekat” buka toko online
    dan kredibilitas itu perlu…
    Blog dalam sebuah situs e-commerce bisa sangat2 membantu. Paling tidak pengunjung merasa usaha online kita lebih hidup.

    -.- nulis sambil ngantuk2 neh… 😀

  9. di indonesia ecommerce emang tidak bisa dijadikan sandaran utama bagi pertumbuhan bisnis. tapi dengan tren pengguna internet dan kemudahan aplikasi open source (magento, prestashop, oscomerce, joomla-virtuemart, dkk), dan lagi murahnya hosting (bahkan gratis). adalah kesempatan yang rugi kalo tidak dimanfaatkan.

  10. saya lagi oprek osCommerce tuh supaya bisa integrate dengan kumpulblogger.com , jadi nantinya vendor yang jualan online bisa mendapat dukungan dari puluhan ribu blogger untuk memasarkan dagangannya lewat jaringan kumpulblogger.com . blogger dapat sekian persen dari nilai transaksi

  11. Bicara soal keuntungan, bagaimana perbandingan antara pendapatan & jumlah pembeli/pelanggan toko yg punya fisik dan yg 100% e-commerce?

  12. e-commerce.. pastinya masih nguntungin..asal ngejual produk sendiri dan unik yang cuma ada di online store kita dan gak ada di online store lain… saya lagi nyobain jualan baju muslim buatan sendiri dengan desain yan beda sama yang lain.. dan terbukti laku beraaaddd…dan berencana mo buka pake domain+hosting sendiri pake oscommerce..jadi buat yang mo mulai.. jangan ragu2 ayo cepetan buat online store..:)

    thx buat navinot.. dibanyakin lagi ya topik e-commerce-nya…

  13. Ikutan nimbrung yak.. hehe..

    Klo saya sih percaya e-commerce akan menguntungkan walaupun banyak faktor yang harus diperhatikan juga, salah satunya adalah infrastruktur dan pengguna internet yang makin meningkat di indonesia.

    ngomong2 masalah engine / situs siap pakai, bagi yang tertarik bisa menggunakan situs siap pakai http://www.tokopedia.com yang akan terbuka untuk umum mulai 17 agustus 2009.

    Sorry ya van, rada promo sedikit hehe..

  14. @tokoislam.info : kadang klo dilepas ke pasar pada persaingan bebas memang susah sih. lihat saja perang antar telco, pada saling banting harga. Trus ketika telco sepakat akan harga tertentu untuk sms, eh malah dikejar oleh KPPU terkait persaingan usaha tidak sehat hehe..

    Tapi saya perhatikan, walaupun tidak riset mendalam, saat saya beli BB di roxy, sepertinya penjual2 disana udah sepakat yah, di toko manapun harga persis sama untuk tipe yg sama

Comments are closed.

Comments are closed.