Blogging Harus Punya Tujuan!

Blogging Harus Punya Tujuan!

bloggingdelivered

Bila anda seorang blogger, berhentilah sejenak dan coba renungkan – Apa tujuan blogging anda?

Banyak orang bertujuan untuk kaya lewat blogging, demi mencapai kebebasan secara finansial. Bukan suatu yang haram atau dilarang, dan juga tidak mustahil. Tujuan ini sebenarnya adalah hal yang benar dan sudah seharusnya ada sejak dari awal.

Dengan mempunyai tujuan, kita jadi berusaha membentang jalur untuk menuju ke sana. Otak kita mulai berpikir dan mempelajari, bagaimana cara memperoleh penghasilan. Mulai dari menerima pemasangan iklan, sponsored review, atau program affiliate.

Sebaliknya tidak banyak juga yang melakukan aktifitas blogging hanya demi personal branding, atau membangun reputasi lewat dunia maya. Dengan harapan bisa membangun atau mencari peluang bisnis lainnya.

Tujuan & Strategi

Bila tujuan sudah jelas, kini saatnya kita menyusun strategi untuk menempuh perjalanan ke arah tadi. Karena tanpa tujuan, kita tidak akan bisa menentukan strategi.

Ibaratnya suatu perjalanan jauh, tentunya anda harus merencanakan untuk istirahat di mana. Berhenti untuk mengisi bahan bakar di mana. Makan siang atau makan malam apa. Berapa banyak biaya yang dibutuhkan. Semua ini tentunya memerlukan perencanaan matang.

Apakah Strategi Kita Berhasil?

Berhasil? – Hasil inilah yang perlu kita ukur, karena apa gunanya punya strategi bila kita tidak mengukur hasilnya.

Misalnya kita ingin blog jadi semakin ramai dengan mengadakan kontes. Jutaan rupiah terbuang untuk hadiahnya, tapi kita tidak peduli dari hasilnya? Tidak mungkin bukan!?

Belajar Dari Proses

Proses di atas tidak hanya terjadi beberapa kali untuk mencapai tujuan, bahkan perlu dijalankan berulang kali. Dari proses ini, tentunya kita belajar banyak, entah dari kesuksesan atau kegagalan.

Untuk belajar kita harus mencari informasi, mengumpulkan sumber, menjalin relasi, dan sebagainya. Inilah efek samping dari blogging.

Tanpa tujuan, blogging tidak mempunyai arah. Tanpa arah, kita lebih susah untuk menentukan topik dan mengumpulkan sumber. Tanpa tujuan, kita juga susah menikmati hasilnya. Syukurlah bila arahnya benar. Bila terus menerus di tempat yang sama, bukankah hanya membuang waktu?

Intinya, dengan adanya tujuannya, aktifitas blogging jadi lebih gampang dan bermanfaat. Kita jadi lebih maju, karena terpaksa belajar hal baru sesuai topik & tujuan kita.

Sudahkah punya tujuan jelas?

PS: Bila kita harus menentukan tujuan, belajar berbagai hal baru, mungkin sukses atau gagal. Bukankan ini namanya cari masalah? 😀

24 thoughts on “Blogging Harus Punya Tujuan!

  1. setuju yg ini neh…

    Sebaliknya tidak banyak juga yang melakukan aktifitas blogging hanya demi personal branding, atau membangun reputasi lewat dunia maya. Dengan harapan bisa membangun atau mencari peluang bisnis lainnya.

    banyak yang memanfaatkan kek gini
    contohnya penulis yg mau nerbitin bukunya
    🙂

  2. pengin sharing aja, yang umum-umum…latihan menulis, nambah teman, bla bla…

    enjoy aja, meskipun masang iklan ya buat enjoy aja, iseng, lha wong blum satupun masuk rekening..hahahaha…

    intinya ya nulis, berbagi…

  3. Blogging biar eksis dong.. 😉
    Penting ga penting yang penting ngeblog..
    Seperti kata Om Ivan.. Belajar dari Proses..dan nantinya personal branding dan reputasi di dunia maya akan otomatis terbentuk dengan sendirinya. Kalo nantinya bisa jadi kaya lewat blogging.. buat saya itu bonusnya..

  4. Keren sekali.

    Intinya dlm mengerjakan apapun, termasuk blogging, kerjakanlah dengan sepenuh HATI, hasilnya pasti sangat menggembirakan.

  5. @Yusdi, eskopidantipi, Sigit & Robertus Bria – Berbagi itu boleh saja, tapi kalo anda berbagi dengan tujuan, atau setidaknya topik tertentu, hasilnya pasti jauh lebih terasa. Cobalah berbagi tetang 1 topik dalam 1 komunitas. Asahlah tuh skill, liat apa yang terjadi.

    @Ariawan – Personal Branding & Reputasi akan terbentuk dari sejumlah tulisan anda, yang menunjukan apa yang anda kuasai. Jangan hanya mengharap kaya lewat blogging sebagai bonus, tapi jadikanlah itu Tujuan. Carilah cara & informasi untuk mencapai itu. Selagi berusaha, belajarlah dari proses.

    Kalo kaya anda anggap bonus, saya jamin… tidak akan terjadi. Semoga saya salah yah 🙂

    @Agus & Billy – Kalo memang itu tujuannya, harus dicari jalannya donk.

    @Didinu – Sepenuh Hati lebih menghasilkan. Kalo ditambah dengan tujuan, pasti lebih bermanfaat. 🙂

  6. Sejak pertama pingin bikin blog sp blog ada bbrapa biji, tujuan terus berkembang, berubah. Dr sekedar pgn nulis sp pingin cari duit. Menurut saya sih pintar2 mengubah arah ke tujuan ke yg lbh manfaat aja. Jd nggak bosan n ga jadi beban. Ntar kayak priyadi lagi. Pelanggan dah banyak eh..ditinggal gt aja. Kasian pelanggannya.

  7. Blogging untuk kaya memang blom bisa masuk tujuan.. blom nyampe ilmunya.. mudah mudahan Om Ivan salah.. biar tetep jadi bonus… hahahaha.. ngarep.. :p

  8. tujuan utk uang sih masih jauh… sementara tak pakek promosi lok ada celah bisnis gitu….. tadinya gak sampek sini bayanganku lho,,, eh ada uang2nya juga. ngikut donkzzzz…

  9. Apapun aktivitasnya memang harus jelas tujuannya. Tanpa tujuan, langkah jadi gak terarah dan tersesat akan jadi ancaman yang gak disadari. Begitu sadar, waktu, energi bahkan mungkin uang sudah banyak terbuang tanpa kemajuan yang berarti.
    Mengiringi Tujuan dan Strategi, Motivasi atau passion juga perlu terus dihangatkan, agar tak kendur bila ketemu kejenuhan atau bahkan kegagalan, serta tak surut walaupun telah bersentuhan dengan kesuksesan

  10. iya juga ya ..blogging juga harus ada tujuan dan strategi nya.
    tp kalo mksdnya ini apa..
    “tapi kita tidak peduli dari hasilnya? Tidak mungkin bukan!?”
    bukannya kalau kontes gitu kan secara ga langsung mendatangkan visitor dan menambah relasi.hasilnya itu kan?heuu,,bingung

Comments are closed.

Comments are closed.