Sehebat Penjual Voucher

Sehebat Penjual Voucher

Top Up

Beberapa hari lalu saya melakukan pengisian pulsa elektronik untuk ponsel saya. “Simpati 20 mas”. “Yak”, sahut penjaga kios dengan sigap sambil bersedia menekan tombol di ponselnya. “Kosong lapan satu sekian sekian”. “Oke”. “Berapa mas?”. “Dua dua”.

Saya pun membayar dan langsung berlalu, sambil tertegun. Wow, cepat sekali. Saya tak pernah benar-benar menyadari bahwa penjual voucher punya layanan sehebat ini. Kenapa hebat?

  • Fungsi produk yang jelas dan transparan. Beda dengan produk komoditas lain, misal warung makan, rasanya berbeda-beda walaupun menggunakan bahan yang sama. Voucher punya nominal dan berfungsi untuk memungkinkan pengguna memanfaatkan layanan dari operator. Sejelas dan sesederhana itu. Tidak ada kebingungan yang ditimbulkan, terlepas dari skema promosi operator tentunya. Kenapa Anda beli pisau Swiss Army? Karena Anda tahu bahwa Swiss Army knife bisa melakukan segalanya. Dan Anda memang ingin melakukan segalanya.
  • Produk mampu memenuhi ekspektasi. Dalam artian, pulsa dua puluh ribu bisa didapat dengan 22 ribu rupiah. Hal ini terjadi karena produk punya standar. Standar membuat orang tahu, apa yang diharapkan pasti akan diterima. Anda beli kopi Starbucks karena Anda tahu kopi Starbucks ya yang seperti itu, tak akan berubah. Dalam dunia voucher, pengaruh faktor ini jauh lebih terasa karena tidak ada kompetisi akibat variasi produk, ie: anda beri uang, anda dapat pulsa. Ain’t getting any simpler than that.
  • Painless procedure. 1-2-3, nomer hape, jumlah pulsa, dan bayar. Proses ini begitu efektif, baik bagi penjual maupun pembeli. Proses yang efektif berarti lebih banyak pelanggan yang bisa dilayani, berarti lebih banyak sales. Berdasar hal inilah di kasir supermarket dipasang barcode scanner demi mempercepat proses sales. Hal yang sama mungkin dijadikan alasan pemakaian ICR untuk penghitungan suara dalam Pemilu legislatif baru-baru ini.

Tidak hanya berlaku pada produk offline, prinsip ini juga bisa diaplikasikan dalam produk online. Pada blog misalnya, sebuah artikel perlu memiliki tujuan yang jelas. Apa yang dibicarakan dan ke arah mana pembaca akan digiring. Dengan judul yang menarik, artikel juga harus dipastikan mampu memenuhi ekspektasi yang timbul akibat membaca judul. Setelah itu, pastikan proses menulis komentar tidak ribet. Memakai Facebook Connect akan mempermudah proses pengisian detil komentator tanpa harus menulis manual dan berulang-ulang.

Nah, bagaimana dengan produk Anda atau produk yang hendak Anda luncurkan? Sudah lebih hebat dari (jualan) voucher?

Oke, sekarang instruksi untuk kontes. Jika tempo hari Anda telah mengulas aplikasi, sekarang coba ulas sebuah produk riil yang selama ini telah memukau Anda. Kenapa Anda anggap produk tersebut hebat?

39 thoughts on “Sehebat Penjual Voucher

  1. Produk riil memukau saya saat ini adalah blackberry, alasannya adalah :
    1.Blackberry ini seperti virus flu menyerang manusia, bisa menular secara cepat, dari kalangan anak sma, eksekutif muda, maupun pejabat tanah air.
    2.Blackberry juga menhadirkan teknologi super cepat dari segi download file, video, dll.
    3.Blacberry juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan penggunanya bisa berinteraksi 24 jam, melalui YM, dan jaringan sosial(social network).
    4.Uniknya lagi wabah blakcberry ini mulai dari ibukota kita dulu, dan merebak ke kota2 besar berikutnya hingga kota lainnya…
    jadi dengan pertimbgan itu saya melilih produk blackberry sebagai produk yang memukau saya saat ini.

    1. ayoooo..!!!mungkin pogung pernah bermasalah dengan blackberrynya yaaa.. semua pilihan tergantung pengguna memutuskan menggunakan merk apa untuk tujuan apa…
      semua punya pilihan masing-masing.

    2. iphone =X great , high price for poor device also need charge every days .. iphone as suck

  2. Sehebat voucher? Hmmm… Hal yang “se-nagih” voucher (dengan kriteria diatas) baru terpikir bensin dan BBM deh 😀

    Selengkapnya dibuat artikel deh 😀

  3. Kalo menurut Google Trends, cuman di Canada, Indonesia dan Venezuela saja BlackBerry lebih populer dari iPhone.

    Ini dengan asumsi minat itu ada hubungan erat dengan pencarian di Google…

    Mungkin karena BlackBerry lebih dulu masuk ke pasar ya? Tapi dengan pilihan aplikasi dan lain-lain, saya secara pribadi memang milih iPhone…

    Kalo untuk buat app sih untuk mendatang kalo ada 2 atau lebih pemain (Android salah satu yang lain) repot juga ya harus dukung semua pemakai pada saat merambah situs ato web app kita…

    1. aplikasi buat iphone memang banyk n bejibun tapi sayang device iphone yg super duper boros hanya lebih baik jadi mp3 player and movie player.
      buat BB hmm lifestyle jaman skrg , iphone mesti pull email bukan push mail , hari gini masih pake pull mail kemana aja luu

  4. Oya, lupa disebutkan. Trend BlackBerry begitu “skewed” di Canada sebab proyek ini dimulai Research in Motion di Universitas Waterloo di Canada.

    Pantes aja mungkin sekarang mahasiswa/i di sana lagi heboh dan bangga kalau projek dari sana menjadi begitu populer di dunia internasional.

    Ada yang dari Waterloo?

  5. cuma sedikit kecewa juga neh!!! mendengar 70% blackberry di indonesia = “ILEGAL”…
    apakah Blackberry anda termasuk yang ILEGAL,
    atau Barang yang memukau anda selama ini juga termasuk barang yang ilegal…

    1. device boleh bajakan tapi biaya service tetep masuk kantorng RIM dan engga repot after servicenya n garansi wong bajakn anggapa aja tambahan dari penghasilan jualan device 🙂 .
      sama kaya microsoft dibiarkan berkembang bajakan supaya pada familiar dengan microsoft setelah ketergantungan deh ..
      itu lah dunia marketing kawan

  6. Duuh.. kalo ngomongin blekberi sama iPhone saya gak mampu.. gak mampu belinya.. :p

    Produk hebat versi saya itu DECOLGEN. Rasa – rasanya sudah memenuhi 3 aspek yang disebut diatas.

    – Fungsi produk yang jelas dan transparan?
    Jelas sekali.. cara penggunaan dan ingredients tertera jelas di kemasannya.

    – Produk mampu memenuhi ekspektasi?
    Kalo yang ini sih cocok cocokan.. tapi kalo sama badan saya makjos! Malem demam, tinggal minum, trus tidur, keringetan, pagi langsung sembuh 😉

    – Painless procedure
    Yaaa.. i don’t have to say it.. it’s easier to get decolgen instead of tukang pulsa.. :p

    Produk ini sudah lintas generasi (kayak kompas aja), sudah bertahan sejak lama dan gampang dicari dimana-mana. Hyper/Super/Mini market, apotek sampe ke warung warung. Produk yang hebat sekali.. ck ck ck..

    DECOLGEN jauh lebih hebat dari Penjual Voucher.. 😉

    Have a nice weekend everybody…

    1. Lucu.
      Perbandingan produk yg jauh drastis membuat hati kaget mbacanya, tapi tak sadar menciptakan senyum di bibir dan dihati.

      Kog bisa Ariawan tiba-tiba terpikir “Decolgen”
      Sering pusing rupanya….
      heeee…

      Berbicara Decolgen, maka saya menemukan antangin timpalannya..(halah, jadi berpromosi!)
      Bukan apa, disaat usia bergerak laju seperti ini, efek dari antangin membuat tubuh selalu ready dan standby untuk beraktifitas.

      Tidak bisa happy untuk apapun kalo tubuh gak fit dan mudah masuk angin!
      heee…

  7. Depot bensin 😀

    1. Fungsi produk yang jelas dan transparan.
    2. Produk mampu memenuhi ekspektasi
    3. Painless procedure

    Tambahan lagi : ga ada kata “lagi trouble mas..”
    Hehe…

    1. Hahaha… depot bensin juga hebat mas…
      cuman agak beda “magic words”-nya..

      “Mohon mangap pak.. Pertamax-nya kosong..” :p

    2. Yo-yO!
      Gak da pailess procedure, tapi ada painless resultnya…
      Kenapa ngisi bensin ceban di POM pojokan beda setrip dengan kalo beli bensin di POM pengkolan..??
      Sebeul aku…!

      Jadi POM bensin masih belon TOF!!

  8. Kalau artikel ini mengangumi penjual voucher maka saya mengangumi handphone. Kenapa? karena handphone sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Dari anak2 sampai orang tua memiliki dan menggunakan handphone.

  9. Haha…,
    itukan kalo di SPBU,..
    kalo di depot kecil2 pinggir jalan itu, klo bensin habis ndak perlu nanya. Botol2 kosong cukup jadi jawaban 😛
    Lagian mereka ga jual pertamax, hehe…

  10. SETUJU…
    Voucher pulsa, entah itu voucher fisik atau elektrik memang produk yang sangat HEBAT…
    (Menurut saya ini adalah salah 1 (selain HP) produk yang paling HEBAT)

    Alasannya :

    **Mungkin beberapa sudah di jelasin diatas**

    – simple
    Untuk penjual tidak perlu mempunyai toko sebesar swalayan untuk melakukan ini. Malah dengan modal 1 buah HP pun, sudah bisa melakukan bisnis ini.

    – vital
    Vital dalam arti jaman sekarang ini hampir semua kalangan masyarakat sudah menggunakan HP yang tentu saja membutuhkan voucher untuk berkomunikasi.
    Malah tukang sayur pun sudah menggunakan HP untuk berkomunikasi :D.

    – terjangkau
    Sekarang nominal voucher sudah sangat bervariasi, mulai dari Rp. 1000 sampai dengan Rp. 200.000. Harga HP pun sudah sangat murah sekarang. Coba kita bandingkan tahun 90an, dimana harga HP masih sangat mahal, dan nominal voucher juga masih sangat terbatas.

    – Jarang Rugi
    Jika berbisnis usaha penjualan voucher (terutama voucher elektrik), maka resiko rugi sangat kecil. Mungkin untuk voucher ada batas waktunya (hmm saya juga agak lupa, maaf :D, saya jarang mengisi pulsa dengan voucher fisik hehehe)
    Tapi yang pasti untuk voucher elektrik, tidak ada tanggal kadaluarsa, kita pun bisa menggunakannya sendiri, dan ini bisa sangat berguna jika dalam situasi tertentu kita sangat membutuhkan pulsa.

    Mungkin itu beberapa alasan saya mengatakan voucher itu PALING HEBAT saat ini. CMIIW

    Saya coba membandingkan dengan pendapat sobat yang lain :

    @Ando Merza (Blackberry)
    Kita semua tahu, kalo harga Blackberry sangat mahal, ini mungkin cocok dengan kalangan menengah keatas. Fungsinya pun menurut saya hanya cocok untuk konsumen yang memang sangat membutuhkan layanan push email (saya juga kurang tau tentang ini :D).
    Ini memang sedang “ngetrend”, tapi untuk kalangan tertentu. Pedagang kecil (tukang sayur, tukang siomay), belum tentu bisa membeli produk ini, tapi mereka sudah hampir pasti bisa membeli voucher 🙂

    @Fikri Rasyid (BBM)
    Wah ini sich dah gak perlu diragukan lagi, memang produk yang sangat menjanjikan. Tapi kita liat lagi, ini sangat butuh lokasi yang luas ditambah modal yang sangat besar. Setau saya, modal standar untuk membuka usaha ini sekitar Rp. 2 milyar (wowww)
    Tapi dengan tempat yang strategis dan manajemen yang baik (jangan dicampur minyak atau air :D), maka produk ini bisa membuat anda menghasilkan untung yang besar.
    Ini memang sangat dibutuhkan, apalagi di kota-kota besar dengan jumlah kendaraan yang sangat banyak 🙂

    @ariawan (DECOLGEN)
    heuheuehue, kayaknya anda cocok kerja di bagian sales DECOLGEN, atau memang kerja disitu sekarang? hehehe

    @Tongkonan (handphone)
    Ini juga produk yang sangat hebat.
    Mungkin tidak bisa dipisahkan dari voucher.
    Tapi karna saya berkomentar dari segi bisnisnya, maka saya menjadikan voucher PALING HEBAT.
    Kalo untuk fungsinya, saya rasa ini akan sama dengan voucher, karna memang salng membutuhkan 😀

    Waduh kayaknya komentar saya terlalu panjang, maaf yach 🙂 Mohon ditambahkan dan mohon dikoreksi jika ada kesalahan 😀

    Salam hangat 🙂

  11. 1.Money changer kang..meski harus bersaing dengan bank, bagi pemilik usaha ini perlu kerja keras untuk mencari orang yang akan menukar uang. Jika kita banyak koneksi (terutama orang berduit yang tak mau repot ke bank), profesi ini patut dilanjutkan.
    2. Makelar (ada uang, ada barang. jelas kan?)
    Tak usah repot mau jualan apa, asal kita mau menemukan antara penjual dan pembeli. Beres, hanya modal koneksi dan tampang doank..

  12. iya…

    bisnis pulsa emang praktis,, sampek yang sekolah seperti saya pun bisa mengembangkannya,,

    untuk penjualnya pun, tanpa ngolah,tidak seperti nasi pecel yang masih harus ribet masak ini-itu…

    orang2 di dekat kita juga hampir semua konsumer pulsa…

    aya yai…. ayo bisnis pulsa,
    buka blog saya,, ada banyak pulihan syistem penjualan pulsa…. jelas saya udah ikut semua… dan sukses…

  13. mungkin kita juga harus banyak belajar dari pengalaman orang lain,guru yang baik bukan hanya dari kita sendiri.semua orang yang ada dilingkungan kita tentunya mempunyai kapabilitas sendiri-sendiri.sungguh, penulis diatas ingin mengungkapkan betapa sebuah usaha unit kecil ternyata mampu memberikan inspirasi tersendiri bagi kita.untuk itu mari kita cermati,semua yang ada disekeliling kita mempunyai makna dan arti tersendiri yang akan kita temui bila kita mau mempelajarinya.

  14. hape monochrome
    murah, awet, pas dengan fungsionalitasnya
    sms+phone…
    it’s enough…

    mencoba untuk tidak diperbudak oleh fasilitas…

  15. Produk Unggulan yang paling hebat saat ini menurut saya ya Internet…

    Karena Internet kita bisa menikmati “FACEBOOK,GOOGLE SEARCH dan GOOGLE ADSENSE!”

    Bisa belanja lebih murah dengan sistim online..
    Bisa berbisnis hemat cost dengan cara online..
    Bisa Menghemat waktu dengan cara online..
    Bisa menghasilkan uang secara online..
    Bisa reunian online…

    Pokoknya Internet yg memungkinkan segalanya menjadi onine TOF BANGET deh…

  16. Penjualan Voucher sukses karena memiliki segmentasi pasar yang luas, dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Demikian pula pom bensin dan berbagai contoh lainnya.

  17. Google termasuk produk bukan?? Menurut saya Google salah satu produk yang hebat…
    Gimana tidak bisa dibilang hebat? bayangkan… Hampir seluruh netter di dunia menggunakan google dalam pencarian informasi…

    Sampe2 ada slogan..
    Hari Gini kagak kenal Google, basi kali…

    Yang bikin saya sangat-sangat salut yaitu sistemnya Google dalam mengelola karyawannya…
    bukan sekadar mmengelola karyawan, Google bahkan memberi kebebasan karyawan untuk berinisiatif dalam pekerjaan…

    Tempat makan disediain, kolam renang juga ada, boleh bawa hewan peliharaan dan yang paling unik Google mengharuskan karyawan membawa mobil hybrid untuk target penghijauan. Kagak punya duit buat beli mobil hybrid yang mahalnya minta ampun?? tenang… Google bakal membantu membayar harga mobil tersebut separuhnya, enak banget khan?

  18. Itulah yang bikin impact banyak MLM yang menggunakan pulsa sebagai produkyna,,

    Dengan kompetisi harga dan diskon,,

    padahal konter hp kadang bersebelahan, rejeki merek tetap ada masing2,,

    ya gag??

    misterius khan??

  19. saya gak setuju kalau semua harus di samakan dengan penjualan Voucher.

    1. soal pelayanan.semua pejenis penjualn ada karakteristik masing-masing.contohctukang sate,penjual voucher,

  20. Kalau semua produk harus disamakan dengan penjual voucher saya tidak setuju.

    Masalah harga
    Dalam setiap harga, ada banyak hal yang dibebankan seperti pajak, gaji pegawai, biaya iklan, biaya desain ruang, contohnya seperti kopi starbuck, yang anda beli bukan saja rasany, tapi juga gengsi, prestise, kenyamanan t4. selai tu juga sudah dibebankan pajak, gaji pegawai, biaya iklan, pembangunan image usaha.

    Masalah layanan.
    Pelayanan setiap produk di hasilkan dengan proses berbeda. Walaupun dengan bahan yang sama. Proses yang berbeda inilah yang mempengaruhi lamanya layanan. mulai dari awal transaksi hingga produ diperoleh.penjua sate proses menghasil kan sate/produk ke konsumen berbeda dengan penjual voucher yang hanya mengetikan permintaan, setelah itu diproses selesai, itu pun kalo overator tidak overload.

  21. Produk yang memukau saya saat ini?
    facebook.
    facebook mampu menarik minat dan waktu orang untuk nongkrong berjam-jam di depan layar komputer. Fasilitas untuk ajang bersosialisasi dan maen game yang amat seru. Semua orang punya dari anak kelas 2 sd , mahasiswa, smpai bussinessman. Lagi wktu senggang atau sibuk? sama saja! Facebook pasti disempetin buka tiap harinya lewat PC maupun hp..ya nggak?

  22. Dalam salah satu tulisan karya Robert T Kyosaki, beliau pernah berkata ; ” Bila ingin kaya, buatlah supaya uang bekerja untuk kita”. Kutipan ini mungkin ada benarnya. Dalam mengelola keuangan, baik rumah tangga maupun individu ada banyak persepsi yang salah.

    Banyak dari setiap individu yang mengutamakan keamanan, sehingga tidak berani mengambil resiko. Sebagai contoh, deposito pada umumnya merupakan salah satu instrumen favorit dalam keuangan kita. Hanya sedikit sekali yang berani menaruh asetnya pada instrumen keuangan lain seperti saham, reksadana, dsb. Lebih sedikti lagi yang berani mengambil resiko untuk memutar uangnya dalam bisnis…….

  23. Mungkin ada satu lagi.

    Oksigen!!

    Udah jelas banget.

    Fungsi: Biar Hidup
    Cara mendapatkan: bernafas
    Lead-Time: instan

    Tapi kan gratis?
    Nggak juga, kalo nggak ada yang njagain tu pohon, bisa habis lho.

Comments are closed.

Comments are closed.