6 Hal Tentang Mobile Internet

6 Hal Tentang Mobile Internet

mobileinternet

Ponsel kini tengah mengalami evolusi baru. Yang awalnya berupa alat komunikasi tanpa kabel berubah menjadi layanan pesan singkat (SMS). Tidak lama kemudian fitur kamera dan PDA dikemas menjadi satu, dan ponsel jadi semakin lengkap. Bahkan kehadiran ponsel tidak bisa ditinggalkan begitu saja dari kehidupan kita.

Dengan layanan cepat semacam 3G, kita bisa melakukan lebih banyak hal. Cukup dengan browser di ponsel, kita bisa berselancar jauh. Boleh dikata, kemungkinannya hanya sebatas kreatifitas. Mobile internet sudah diyakini bakal menjadi tren besar di waktu dekat. Berikut beberapa alasan lain untuk memperkuat argumen ini.

1. Tren Smartphone

Sewaktu kamera baru diperkenalkan di ponsel, kita masih merasa tidak butuh. Tapi kini dengan harga yang semakin terjangkau, beli ponsel tanpa kamera jadi terkesan ketinggalan jaman. Hal ini pasti akan terjadi sewaktu pengguna mulai memperbaharui ponselnya. Kalo bukan smartphone, berarti itu dumbphone.

2. Pengguna Sudah Ada

Meskipun pengguna ponsel belum sepenuhnya beralih ke layanan data, ponsel tidak bisa ditinggalkan dari kehidupan kita sehari-hari. Secara tidak langsung pengguna mobile internet sudah ada, hanya transisi belum terjadi sepenuhnya.

3. Operator Selular Sebagai ISP

Untuk memperluas layanan ADSL atau Cable TV, terdapat banyak halangan infrastrukstur. Seperti saluran kabel telpon peninggalan Belanda yang perlu diperbaharui. Cable TV juga perlu kabel khusus yang disalurkan ke rumah-rumah. Ini menjadikan operator selular sebagai kandidat kuat, karena perluasan jaringan lebih fleksibel.

4. Faktor Harga Bagi Konsumen

Satu hal yang tentang pasar Indonesia yang tidak boleh dilewatkan, yaitu sensitif akan harga. Berlangganan internet untuk di rumah dan di jalan, terkesan membuang duit. Meskipun layanan internet ponsel tidak sepenuhnya stabil, tapi cukup untuk kebutuhan normal.

5. Tren Web 2.0

Di era internet sekarang, ketergantungan perangkat canggih oleh klien semakin berkurang. Data dan proses cenderung dilakukan di server. Fenomena ini cocok untuk ponsel, atau netbook, yang tidak sekuat desktop dalam hal pengolahan data.

6. Kebutuhan Bisnis

Dalam dunia bisnis, komunikasi harus lancar dan cepat, termasuk pertukaran data. Dengan adanya layanan data lewat ponsel, bisnis bisa beroperasi lebih lincah. Bahkan, bisnis cenderung untuk mampu membayar lebih, dan bisa memicu perkembangan mobile internet.

Selain banyaknya tanda-tanda positif akan peluang mobile internet di masa mendatang, masih banyak hal-hal mendasar yang perlu dibereskan. Satu hal pasti adalah layanan mobile internet yang stabil, terutama di Indonesia. Tidak jarang di Toni ngumpat karena ‘sapu’-nya ngadat. Lain dari itu, aplikasi mobile hanya sebatas kreatifitas saja dan masih banyak peluang baru yang bisa dijelajahi.

Apa pendapatmu tentang mobile internet kira-kira 1-2 tahun ke depan? Apakah ada poin lain yang bisa ditambahkan? Atau bahkan menyangkal argumen di atas?

40 thoughts on “6 Hal Tentang Mobile Internet

  1. perusahaan / produsen teknologi2 canggih saat ini berusaha tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen tetapi JUGA MENCIPTAKAN KEBUTUHAN KONSUMEN… hal ini bisa dilihat melalui fenomena Handphone yang saat ini menjadi kebutuhan… dan mungkin MOBILE INTERNET adalah berikutnya.

  2. beberapa produsen ponsel mengemas fitur siap pakai ( tergantung dengan ketersediaan layanan operator ). smartphone baru saat ini udah minimal ada konektivitas GPRS, 3G dan HSDPA

    seperti Blackberry dan iPhone yang phenomenal … feature chat Yahoo Messenger dan Amplop Merah (gmail.com ) udah tinggal pakai saja … iphone malah mantab sekali buat nge-facebook-an …

    kalo sekedar buat browsing ringan, smartphone cukuplah, dengan ukurannya mudah dibawah. kalau monitor dan space kurang tinggal di sync bluetooth dengan netbook atau notebook .. mudah sekali

    Ponsel Ada, Feature Mobile Internet Ada, Layanan Operator Ada …. Tinggal konten yang cocok di layar Smartphone aja dibanyakin.

    Ponsel dengan fitur 3G bisa didapat dengan rentang harga terendah mulai 500 rebuan. Jadi terjangkau untuk saat ini daripada awal-awal 2tahun lalu.

    Banyak potensi yang bisa dikemas dengan layanan 3G … multiplayer game via ponsel, layanan microblogging dengan sms, layanan jejaring sosial, cek email dan mengontrol status saham juga bisa …. hehehe

  3. pertumbuhan pada 2 tahun kedepan jumlah pengguna lebih dari empat milyar..akses informasi via ponsel, fitur sudah terintegrasi internet , advetising langsung ke user via mobile internet …,i hope internet will more faster , more cheap.

  4. Mobile internet ke depannya masih akan sangat2 berkembang.. khususnya via handphone.. i think…
    Karena pengguna handphone berkali-kali lipat jumlahnya daripada pengguna komputer. Enam tren diatas adalah tanda-tandanya.

    Sebentar lagi handphone juga bisa melakukan apapun di internet seperti computer.. dan akan banyak aplikasi yang “berjalan” di atas handphone yang memungkinkan hal itu.

  5. MOBILE INTERNET di masa akan datang 1-2 tahun ke depan akan makin dibutuhkan masyarakat…
    Di era global seperti sekarang di mana menjadikan dunia tanpa batas…
    Dibutuhkan teknologi seperti MOBILE INTERNET untuk menunjang Aktifitas baik dalam bisnis maupun sosial….
    6 indikator di atas bisa dijadikan acuan bagaimana prospek dari mobile internet ini ke depannya…

    SALAM SUKSES !!!

  6. Waw, jangankan untuk keperluan bisnis. Untuk have fun saja penetrasinya sangat kuat sekali! Rata-rata generasi muda sekarang (bisa juga kita definisikan sebagai anak-anak abg dan kuliahan) selalu ‘on fire’ untuk mengupdate status facebook melalui handphonenya.

    Dalam dua tahun kedepan, saya rasa dengan mempertimbangkan turunnya biaya koneksi, gengsi (oh yeah, harus di perhitungkan dong), harga perangkat mobile, awareness di media, mobile internet akan tumbuh sangat signifikan 🙂

  7. Perkembangan mobile internet didukung juga oleh :
    1. Jaringan telekomunikasi yang semakin luas.
    Jaringan GSM maupun CDMA sudah tersebar sampai ke pelosok kota bahkan desa di indonesia. Hal inilah yang membuat jumlah pengguna ponsel semakin banyak seperti yang dikatakan ariawan. Semakin banyak pengguna, semakin banyak pula fasilitas yang disediakan oleh ponsel untuk memenuhi kebutuhan pelanggan seperti game dan internet.

    2. Teknologi J2ME dan ASP.NET for Mobile yang terus berkembang mampu memberikan kemudahan kepada vendor pembuat aplikasi (Software Development) untuk menciptakan aplikasi mobile internet yang menarik dan kreatif serta memuaskan bagi pengguna ponsel. Orang bisa mendapat Game kingkong dengan hanya mengetik REG KINGKONG kirim ke xxxx.

    3. Produsen ponsel yang terus berlomba menciptakan berbagai bentuk ponsel yang menarik dengan fitur tambahan untuk mempermudah pengguna ponsel berselancar di internet.

    Terima kasih atas info artikelnya hari ini. Saya sedang melirik mini iphone untuk menggantikan motorola saya yang sudah ketinggalan jaman ini:).

  8. Perkembangan Handphone yang terus melaju pesat hanya sebagai permaina ekonomi belaka,,
    bagi saya tidak ada handphone yang betul2 sempurna sampai akhir zaman,,
    jangan jadi budak korban evolusi handphone yang menguntungan pribadi semata,,
    masih banyak kebutuhan kita yang lain,,
    dan orang-orang yang memerlukan bantuan dri uluran tangan kita

  9. Dengan semakin berkembangnya Mobile Phone ke Mobile Internet semakin memanjakan Pengguna berat internet.
    Kini akses Email, Facebook, Twitter, Plurk dan lain sebagainya semakin mudah.

    Pengguna semakin dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan akibat kemajuan Internet Phone.
    2 Tahun ke depan saya memperkirakan akan ada mainan baru lagi bagi konsumen berat Mobile Phone setelah Tahun ini di sodori BlackBerry.
    Namun, kemudahan itu harus ditebus dengan ongkos yang masih tinggi 🙂

  10. Okay, ini adalah 3 alasan kenapa mobile internet akan semakin berkembang ke depannya :

    1. Mobilitas
    Sekali lagi di zaman seperti ini arus informasi sangat cepat dan dibutuhkan perangkat sederhana untuk mengakses-nya dengan mudah dimanapun dan kapanpun kita mau selama network mendukung~

    2. Social Network Trend
    Facebook? Definitely yes! Saat ini orang ingin terkoneksi dengan kerabat jauhnya ataupun sekedar iseng-iseng seperti cari temen atau bahkan cari pacar. Selain itu juga, mungkin karena sudah banyak yang bilang “gak punya facebook, gak gaul” akhirnya banyak orang berlomba-lomba supaya lebih terhubung dengan kerabatnya, berlomba-lomba jumlah teman, atau banyak-banyak update status dalam sehari. Semua itu bisa dilakukan dengan mudah dengan mobile internet. Kini penyedia layanan seperti Yahoo!, Facebook, Friendster, dan WordPress juga memiliki website mobile-nya sendiri.

    3. Easy
    Cukup buka browser bawaan ponsel atau menggunakan Opera Mini, sensasi internet dapat kita rasakan ^_^

    Adapun kendalanya kalau di Indonesia seperti Network Infrastructure yang menurut saya perkembangannya agak lamban. Mungkin karena landscape Indonesia yang berbkit-bukit dan bergunung-gunung sehingga layanan mobile internet ini hanya menjangkau daerah sekitar perkotaan saja. Tapi kalau lisensi WiMax udah ada sih, lain lagi ceritanya..

  11. Sebelum 1-2 tahun mendatang, saya tambah 1 hal lagi :
    Operator penyedia layanan Mobile Internet akan berpikir untuk memutar arah mareketingnya, atau akan menjadi “Blunder”. Bagai manapun juga akan berperngaruh pada pendapatan, bahkan berdampak pada alih fungsi layanan pada Mobile Internet, seperti Free SMS/Free Phone pada layanan Internet yang bisa berdampak negatif pada main product operator. Ini dikarenakan cara berfikir konsumen yang masih mempertimbangkan faktor ekonomi menjadi yg utama.

  12. mungkin dalam 2-3 tahun lagi memang mobile web pasti lebih dibutuhkan masyarakat khususnya kalangan muda dan pebisnis.. namun mobile web yang sesungguhnya saya rasa akan terjadi dlm wktu 6-7 tahun lagi, dimana para pembuat software mobile browser akan bersaing membuat browser yang brkcpatan tinggi, para vendor hp akan semakin berlomba memperlengkap fasilitas internet pada produknya,
    internet menjadi kebutuhan yang sangat penting dimasa mendatang kemungkinan besar konsumen akan memilih operator seluler yang menyediakan fasilitas internet dengan layanan memuaskan dan dengan biaya yang murah, hal ini menyebabkan persaingan para operator seluler akan semakin sengit, dan bahkan bisa saja kelak para operator seluler berlomba2 membangun hotspot2 wi-fi karena kemungkinan besar hp2 dimasa mendatang pasti memiliki fasilitas wi-fi demi tuntutan kemajuan teknologi..

  13. Kayaknya emang makin banyak orang yang menggunakan mobile internet. sangat membantu untuk orang2 yang sering membutuhkan layanan internet. tapi harus didukung juga oleh alat yang bagus agar berinternet di hp juga semakin enak 🙂

  14. Mobile telah menjadi kebutuhan, sama halnya dengan makanan. Kebutuhan akan informasi menjadi urgen. Orang pintar tidak dilihat lagi dari segi intelektualnya semata, tapi kemampuan mengakses informasi sebanyak-banyaknya.

  15. seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi pada zaman modern ini, so pasti mobile internet 1-2 tahun kedepannya makin diminati banyak orang karena kebutuhan akan informasi yang lebih cepat dan efesien sekarang lebih diutamakan. Termasuk saya… 😀

  16. 2 tahun kedepan amat sulit diprediksikan dengan kemajuaan yg ada sekarang membuat kita masih bengong koq bisa nirkabel begitu membuat saya lebih concern pada diri saya sendiri dari pada anak dan lingkungan tapi dampak itu amat ….membuat diri…! hati hati akibatnya harus kita lebih banyak belajar agama.Dunia dah tua brooo

  17. menurut saya tidak akan terpungkiri, mobile internet akan berkembang pesat 1-2 tahun ke depan, dimana fasilitas akan makin tersedia, baik itu jaringan internet maupun gadget yang memadai.

    mudah2an aja pemerintah kita memperhatikan sisi teknologi negeri yang satu ini. semoga jaringan internetnya tersedia diseluruh pelosok tanah air, tidak hanya di kota2 besar dan tentu saja dengan tarif yang murah.

  18. Sebenarnya mobile internet sudah mulai disosialisasikan di Indonesia beberapa tahun yang lalu. Saya masih ingat pada tahun 2003,PT Ericcson Indonesia bersama saya ( IT freelancer) sudah melakukan roadshow ke kampus2 di Semarang dan di Surabaya ttg mobile internet dan aplikasi yang bisa di develop. Saat itu yang qta kenalkan adalah aplikasi Teknologi pelacak posisi dan apliksi mobile karaoke. Nah di masa sekarang, saat infrastruktur smakin lengkap, pasar semakin luas, adalah suatu kesempatan bagi pelaku IT kreatif untuk mencipta konten2 yg bukan cuma menarik tapi juga mendidik.

  19. Gile bener Dho perkembangan Hape saat ini..Dulu tuh ye yang namanya Hape Cuman bisa dipake buat nelpon ama eSeMeS doank. Tapi sekarang udah bisa dipake buat Internetan, gak perlu lagi gue pergi ke Warnet, cukup pake Hape ditangan udah bisa internetan. Walaupun loadingnya agak lama se….(itung2 belajar sabar…hehe)…

    INi skr kita dengar cerita dari Joko Pinter dan Joko Bodho:

    Joko Bodho : Kalo MOBILE INTERNET apaan tuh….???
    Joko Pinter :MOBILE INTERNET ya INternetan pake Hape….ya gampang nya seperti itu deh….
    Joko Bodho :Koq bs ya Hape Cuma kecil gitu bisa dipake buat internetan. Emang Di dalam Hape tuh ada apaan sih…..
    Joko Pinter :Yang jelas ada faslitas Untuk koneksi ke jaringan Internet donk.
    Joko Bodho : Oww githu ya, trus ada jaringan apa saja yang ada di Hape sampai saat ini.
    Joko Pinter : Wah banyak dho, contohnya Koyoto: GMS, CDMA, GPRS,UMTS, 3G… dan msh banyak lagi dho…
    Joko Bodho : Trus gunanya dari masing-masing itu apa Ter…?
    Joko Pinter : Kalo GPRS bisa buat kirim MMS, Internetan. Yang terbaru 3G dho, nanti kalo km pake 3G wajahmu bisa kelihatan sama orang yang telp kamu..asik toh
    Joko Bodho : Waduh Bahaya itu ter, Lha nanti kalo aq telpnya lagi mandi gmna. aku isin nuh….
    Joko Bodho : Ter kalo Facebook itu apa ya. Kalo diartikan kan Rai buku ato Cover buku….itu apa lagi Ter…?
    Joko pinter : Facebook itu adalah situs pertemanan yang sedang populer saat ini dho, km punya FaceBook tidak dho, kalo tidak punya km buat dunk, biar gak ketinggalan jaman dho..
    Joko Bodho : Oke siap ter, tak pergi ke warnet dulu yo.
    Joko Pinter : Gak usah neng warnet dho, sini tak ajarin pake Hape saja…
    Joko Bodho : Wah bisa toh….
    (akhirnya joko bodho diajarin buat facebook)

    JOko Bodho : Dho Hape mu ini bisa buat apa saja siH, koq bagus sekali…?
    JOko Pinter : Hape ku ini Hape Canggih dho, bisa buat Vide Call, Internetan, dari Browsing, chating YM an, Buka email, kirim email, nGegame, sampai mencari posisi dengan GPS…
    dan masih banyak lagi dho..
    Joko Bodho : Wah banyak sekali, aq sampai binggung ter…?
    Joko Pinter : Iya dho, Hape Canggih ini nanti akan terus berkembang dho, 1-2 tahun lagi nanti mesti akan ada fitur yang baru dho…
    Joko bodho : Fitur apa lagi ter…?
    JOko pinter : Ya aq blm tau dho..
    Joko Bodho : Owh giotu yaa….

    tunggu tulisan selanjutnya

    1. ^
      hehehe…jangan salah, peramal seperti joko bodho sekarang udah pinter. Noooh, gue liat di inpotemen dia bawa-bawa Blackforest..eeeh..Strawberry..atau Blackberry?? Ya itulah~

      Terus…Tukang roti bakar di deket rumah ue aja maenannya udah Nokia 6120c. Dipake buat buka FB pulak..hape HSDPA tuh!! ~.~

      Gw aja masih kalah..

  20. Mobile internet merupakan alternatif bagi kaum muda untuk mengimplementasikan jiwanya kedalam efek maya, dengan semakin terjangjkaunya harga ponsel serta dukungan akses data yang semakin ramai dan bersaingnya harga akses data, tak pelak lagi bahwa mobile internet akan berkembang sangat pesat di tahun – tahun mendatang, hal ini akan menjadi sebuah persaingan yang alot bagi penyedia layanan jaringan, penyedia alat komunikasi yang akan berdampak pada semakin canggihnya gadget yang kita miliki berbanding dengan semakin terjangkaunya harga alat – alat komunikasi tersebut.

  21. ^
    dtambahnya lagi karena saking praktisnya, kalo kebetulan pas kelas dosennya nge-BT-in, bisa dimanfaatkan tuh mobile internetnya..

    *sering banget kejadian…

  22. menurut saya di indonesia orang sudah tidak ingin lagi bergantung pada sesuatu dalam hal ini tidak mw dibatasi ruang geraknya maka mereka pengen dapat mengakses interneet dimana saja, jika menggunakan handphone,kurang maksimal karena kendalanya akan terhambatjika ada panggilan masuk, atau bisa juga handphone dijadikan modem resikonya handphone cepat rusak karena cepat panas, salh satu cara yang aman adalah dengan membeli usb modem karena dengan alat ini kita akan lebih puas menggunakan layanan internet apalagi sekarang banyak operator menawrkan paketunlimited jadi kita bisa online 24 jam 30 hari tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat,,,

  23. Mobile Phone di masa mendatang tentu menggunakan fitur yang lebih canggih daripada yang ada saat ini. Contohnya tidak perlu jauh-jauh. Blackberry yang baru muncul 6 bulan terakhir sudah memiliki fitur yang menarik karena kita bisa menggunakan fasilitas internet. Apalagi dengan 1 sampai 2 tahun ke depan. Tentu kualitas jauh berlipat kali ganda dengan Blackberry yang saat ini disebut sebagai handphone tercanggih.

  24. Kebutuhan menjadi alasan utama seseorang membeli mobile phone. Urusan bisnis lebih mudah dan cepat dilakukan dengan handphone ini. Ukurannya yang kecil memudahkan untuk dibawa ke mana-mana.

  25. Kalau dari segi perkembangan internet mobile menurut saya akan berkembang lambat untuk tahun yang akan datang. Dari segi gadget dan teknologi jelas kita kalah dengan negara lain. Saat kita baru menelorkan internet mobile berbasis 3G negara lain sudah diatasnya, begitu juga dengan gadget nya saat negara kita santer dengan teknologi HSDPA negara luar sudah HSUPA bahkan sudah bahkan beralih ke yang lebih besar misalnya Wimax, yang jadi masalahnya apakah secepat itu perkembangan internet mobile kita? Boleh lah kita ngomong masalah penggunaan dan pengaplikasian nya di negara kita, tapi apa negara kita seberuntung negara lain? Negara kita besar dan padat, apa sebanding dengan penyedia layanan? Sepertinya orang berbondong-bondong selalu tertarik dengan hal yang baru, ada promo penyedia A kita lari ke A, saat ada promo di B kita lari ke B dan seterusnya,apa itu yang dinamakan perkembangan? atau dari segi manusianya? Apa dengan internet mobile kita dikatakan pintar? kita hanya pintar di masing-masing bidang saja bung, toh apakah dari segi manusia kita dah dikatakan mudah berkembang? Lihat dulu bung negara kita masih banyak yang belum bisa menikmati pendidikan, buat menulis dan makan aja susah apa lagi buat mengejar hal yang bersifat modern? Lihat saja perkembangan internet masuk sekolah, apakah pengaplikasian internet mobile akan berkembang ataukah akan terlambat? Kita lihat dulu mata pencaharian penduduk kita, manakah yang membutuhkan skill berbasis internet dengan kata lain pekerja kantoran lah umumnya dan manakah yang hanya bisa dilakukan dengan berbasis teknologi kuno misalnya bercocok tanam apa itu akan berkembang juga? Apakah dengan internet mobile kita bisa menanam pohon padi hanya dengan melihat layar mini gadget kita? Pengaplikasian nya yang bakalan sulit ditambah lagi masyarakat kita yang hanya pengen tahu dan belum tentu menguasai teknologi itu sendiri dengan alasan tren atau mungkin mode menggunakan akses internet mobile. Hayo apakah menurut kalian ini akan menjadi perkembangan yang cepat?

  26. Ketika Networking komputer ditemukan (Jerman- badan Nuklirnya) bukan DoD Amerika (Departemen Pertahanan)
    hanya bisa menyatukan beberapa komputer saja, sekarang sudah jutaan mainframe dan server ada, dan support satelit, microwave, radio transmitter (wi-fi in example), harga handphone yang lebih mudah dijangkau kantong, simcard yang murah (2rb udah dapet, bukan ratusan ribu seperti dulu) dan mass production serta lifestyle(anak SD saja sekarang sudah menggunakan HP 3G)

    terus terang saya iri dengan fakta yang saya baca dan saya tulis di atas, bahkan jika mengutip iklan:Dunia dalam Genggaman Anda,,

    Prediksi saya mobile internet tak akan dapat ditahan atau berkurang penggunanya dan mungkin sejajar dengan internet fix, mengingat mobilitas manusia modern tak akan terbatas dalam radius 1KM saja(untuk yang normal, maaf bukan sentimen terhadap bagi mereka yang berkekurangan) bayangkan jendela dunia (dulu disebut buku)sekarang berubah menjadi laptop dengan modem mobile atau sebuah handphone dan anda berkomunikasi dengan jutaan manusia lewat textchat,VoIP,atau grafis bergerak,,

    ck,,ck,,ck,,

    manusia memang ciptaan Tuhan paling sempurna,,

    berbahagialah,,

  27. Menurut saya ,,memang sekarang HP bukan hanya untuk berkomunikasi saja ,,Hp Sekarang lbh dimanfaatkan pada sarana hiburan saja,,dari sisi mahasiswa seperti saya menggunakan HP untuk browsing internet jauh lebuh hemat dari menggunakan atau memasang modem.
    Pergeseran ini terjadi karena perkembangan teknologi yang pesat,,dan rata – rata anak muda sekarang lbh terbuka terhadap perubahan ,seperti perubahan penggunaan HP ,, Hal ini sangat memudahkan bagi siapapun yang ingin mengakses internet ..
    Sayapun merasa debhan adanya mobile internet..

  28. sejak ditemukannya IC, komputer pun berubah ukurannya. Dengan penelitian lebih lanjut, maka suatu saat yang tidak akan lama lagi kita akan melihat HP berkemampuan seperti laptop. Kecepatannya (RAM), kemampuan membuka aplikasi, kapasitas, bahkan kecepatan koneksinya. Hal ini karena teknologi pendukung memang ada dan terus berkembang seperti WiMax dan IC.

    Dengan teknologi seperti ini, maka dapat dipastikan akan semakin marak mobile internet. setiap orang dapat terhubung dengan orang lain di seluruh dunia bahkan ketika ia mobile, selama ia mendapat sinyal/akses/gelombang yang diperlukan.

    masalah yang dihadapi dengan mobile internet ini paling hanya masalah ergonomi. Memang bagi sebagian orang sensitif, namun sisi ergonomi alat elektronik (HP, smartphone, BB) bukannya tidak dapat disolusikan. Manusia sudah dapat membuat produk seperti HP yg tipis, HP dengan layar dapat dilipat lipat, dll yang jika digabungkan dapat membantu mensolusikan masalah ergonomi produk mobile.

  29. Semakin ke depan, menurut saya sih ya bakal lebih canggih. Tidak mungkin dunia teknologi semakin hari semakin mengalami kemunduran. Satu dua tahun ke depan pasti ke 6 argumen di atas semakin disempurnakan dengan fitur yang baru.

Comments are closed.

Comments are closed.