Facebook Sudah ‘Sehat’

Facebook Sudah ‘Sehat’

markzuck

Sebagai social network terbesar dengan status startup, Facebook banyak menarik perhatian para pengamat, terutama yang berkaitan dengan dana investasi yang telah mereka terima. Apakah dana investasi tersebut akan benar-benar menguntungkan?

Bagi yang penasaran, setidaknya sekarang sudah ada sedikit kabar baik dari sisi finansial. Menurut kabar terbaru Mark Zuckerberg, lewat blog Facebook, dia mengatakan bahwa Facebook kini sudah ‘cash flow positive‘. Dalam arti Facebook telah mampu menghasilkan revenue yang cukup untuk memenuhi biaya operasional mereka.

Untuk sebuah startup, hal ini memang merupakan suatu titik balik yang sangat ditunggu, mengingat Facebook juga tidak ingin diakuisisi sebagai exit strategy. Bila dilihat layanan Facebook yang ada, tampaknya hanya advertising yang paling banyak membuahkan hasil. Yang paling menarik diperhatikan adalah cara Facebook mengajak pengguna untuk mengiklankan group dan fan page mereka sendiri, yang tentunya masih di halaman Facebook sendiri. Seperti Bank BCA saja, transfer ke sana kemari, duitnya masih saja di BCA. 🙂

Seperti yang kita beritakan sebelumnya, Facebook masih giat mencari terobosan baru untuk membuat pengguna semakin betah berinteraksi. Dengan rumusan pageview yang berbanding lurus dengan revenue, saya rasa ini merupakan arah yang benar. Penasaran dengan aplikasi Facebook yang baru? Coba tengok beberapa aplikasi dalam kategory prototypes, yang masih dalam status uji coba.

Beberapa statistik juga menunjukan data yang menarik, seperti pengguna mobile yang 50% lebih giat berinteraksi. Begitu juga adanya dukungan 180 mobile operator di 60 negara terhadap aplikasi Facebook mobile. Indikasi ini menunjukan bahwa pengguna mobile memang berpotensi untuk lebih aktif, entah karena tidak ada kerjaan selagi di jalan, atau memang lebih membutuhkan informasi yang sifatnya real-time dan on-demand.

Data yang lain juga menunjukan bahwa pengguna Facebook sebagian besar sudah keluar dari bangku kuliah, yang berarti mereka sudah masuk ke dunia profesional. Dengan kata lain, mereka sudah punya income dan spending power yang cukup untuk dibelanjakan lewat Facebook dan partner-nya.

Dengan status cash flow yang positif, Facebook bisa menjadi semakin leluasa dalam hal ekspansi, termasuk langkah-langkah merekrut bakat-bakat baru. Tidak heran banyak jebolan Google yang berpindah ke Facebook. Mencari kesempatan untuk menikmati IPO?

Jadi penasaran, kira-kira apa langkah terobosan Facebook yang selanjutnya? I smell micro-payment.

8 thoughts on “Facebook Sudah ‘Sehat’

  1. FB jadi seperti browser di dalam browser. Agak heran juga, mengapa pemilik browser tidak mencoba membuat layanan serupa facebook? Jika ditilik dari base usernya, sebanyak – banyak pengguna FB, lebih banyak pengguna browser. Microsoft misalnya. Potensi Windows + IE + Social media + aneka aplikasi yg bisa bersinergi online-offline harusnya bisa dibuat.

  2. kalo memang akan ada hal semacam micro payment.

    masalah social seperti si kaya dan si miskin akan mulai yaa..sedikit-sedikit muncul ke permukaan lah,keliatan dari rajinnya aktivitas dalam micro payment.
    apalagi kalau misalnya facebook memakai system fitur unggulan dengan berbayar,wah tambah keliatan aja mana yang punya duit dan enggak.

    tapi..yaa memang facebook jejaring social sih.

  3. @gatut
    Ya. Seharusnya default page itu halaman social media pengguna, dan social media itu akan sangat bagus jika dibuat oleh si pembuat browsernya juga.

    Saat ini defaultnya halaman pembuat browsernya, untuk apa coba? Hampir tidak ada nilai tambahnya. Pada umumnya, setiap user memilih “homebase’ dia sendiri untuk dibuka, dan saat ini yg dominan adalah social media dgn nama facebook.

Comments are closed.

Comments are closed.