Hell Yeah Monday!

Hell Yeah Monday!

Hell Yeah!

Saya punya beberapa pertanyaan yang belum bisa saya jawab dengan pasti. Saya pikir akan lebih tepat jika pertanyaan-pertanyaan ini saya bagi dengan teman-teman NavinoT. Lagipula ini pertanyaan yang cukup menarik untuk didiskusikan. Let’s get started.

Pembayaran dan e-commerce

e-commerce tampaknya kembali bangkit di Indonesia. Tidak dalam bentuk toko-toko online besar namun justru tumbuh dalam bentuk unit-unit personal (mikro). Blog dan Facebook dijadikan etalase dan titik kontak antara penjual dan pembeli.

Pertanyaannya apakah metode pembayarannya juga akan mengalami twist yang sama? Benarkah COD dan transfer bank akan jadi metode pilihan? Ataukah dukungan bank akan membuat dukungan payment gateway lokal jadi kenyataan? Atau justru kita akan sukses dengan micropayment (via ponsel dan voucher) yang tak banyak menuai sukses di tempat lain?

Brand dan Branding

Ada apa dengan brand dan branding? Brand selalu ingin citra positif. Beberapa melakukannya dengan cara yang sederhana. Mereka membuat produk yang sangat bagus dan layak dibicarakan orang. Iklan bagi brand seperti ini hanya meng-amplify kekuatan word of mouth-nya.

Tapi, bagi yang lain yang tidak mampu atau belum bisa membuat produk yang layak jadi buah bibir biasanya mencoba langkah yang rumit. Brand ini berusaha mengontrol informasi dan menyeimbangkan perspektif negatif yang dipunyai pasar dengan image positif buatan.

Apakah ini murni strategi atau hanya akibat dari “everybody else is doing it, why don’t we”?

What broadband?

Saya terpikir, kalau saja bandwidth di negeri kita ini bisa dimurahkan sampai mendekati nol maka para penjual DVD akan segera beralih business model meniru Netflix. All you can watch DVD, seratus ribu per bulan. Mungkin.

Well, soal harga sepertinya tinggal menunggu kapan. Mau tidak mau tuntutan kebutuhan akan membawa kita ke sana. Yang jadi misteri adalah bentuk implementasi broadband internet yang akan kita nikmati. Kabel atau wireless dengan fokus di perangkat bergerak?

Harusnya ada pertanyaan ketiga tapi rupanya ingatan saya sedang tidak kooperatif. Jadi, mari kita brainstorming bersama. Kita gabungkan apa yang pernah kita dengar dan apa yang kita bayangkan.

Oke, siap “bertarung” hari ini? Hell yeah!???

PS:
Hari ini saya memulai kerja di tempat yang baru dengan tanggung jawab baru. So, let’s get the party started people!

8 thoughts on “Hell Yeah Monday!

  1. Tentang broadband yang murah, iya..sepertinya tinggal menunggu waktu…seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan internet murah dan cepat 🙂
    Kalo saya pribadi da bersyukur dengan harga 125rb/bulan unlimited, walau hanya 153 Kbps, da sangat cukup untuk update blog atau update status di FB dan Twitter.
    -Semangat baru, on Monday…Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin-

  2. Artikel pertama dari tempat baru wajib ta komentari… 😀

    untuk e-commerce, prefer tidak COD ato transfer bank (meskipun kalo transaksi online banyak pake ini, wahahaha). Ribet soalnya, musti nunggu konfirmasi dan kepastian, wasting time lah kalo nurut aku. Antara payment gateway lokal ato micro payment

    kalo seandainya broadband murah bener2 terimplementasi di indo, aku rasa emang bener akan banyak merubah model bisnis di indonesia (baik offline ato online). Kabel ato wireless gak ada bedanya bagiku, asal cepet dan stabil 😀

    PS : sukses di tempat baru yah bos, kalo dah sukses inget temen yg satu ini 😀

  3. kalo dari kartunama.net, pembayaran favorit dari klien korporat ya transfer bank, jarang banget yg COD 🙁

    kalo klien individu/small business, rata rata mereka malah transfer duluan, banyak juga yg COD.

    I guess kredibilitas kita juga memegang faktor penting ya dalam pola transaksi ini 🙂

    btw, tempat kerja baru also means bigger income? ^^

  4. SEO emang penting. SEO mampu mendatangkan traffic ke web kite. Tapi ada yg lebih penting dari SEO, yaitu membangun komunitas pelanggan. Seperti yg saya lakukan di WarungMobil.com, saat kompetitor melakukan berbagai trik SEO ‘berbahaya’, sekedar kunjungan tidaklah cukup.
    Sangat penting utk membuat visitor betah. Setela betah, kita buat mereka mau berkunjung ulang. Kemudian temukan mereka satu dengan yg lain. Dan akhirnya terbentuk komunitas.
    Boleh jadi traffic WarungMobil.com tidak sepadat yg lain, boleh jadi PR WarungMobil.com tidak tinggi seperti yg lain. Tapi avg. time on site yg 2-3x lebih lama dr kompetitor dan ramainya interaksi di FB pages lebih bernilai dr traffic dan PR.

  5. sepertinya, kalo pembayaran melalui transfer bank masih akan jadi primadona karena itu masih lebih aman dibanding melalui voucher.. mengingat jaringan di indonesia yang masih naik-turun..

    sementara itu, kalo soal brand dan juga branding, kaya’nya harusnya sih brand punya strategi yang cukup kuat supaya ga cuman ikut2an aja, tapi juga lebih ke strategi yang mumpuni supaya jadi terdepan

    dan, soal broadband.. apa mungkin nantinya muncul saluran internet berbayar yang bisa dapetin segala macemnya unlimited per bulannya seperti channel TV berbayar? mendingan gitu sih.. tapi Indonesia – lagi2, masih belum mungkin karena yang melek internet masih sedikit, dan infrastrukturnya belum memadai

Comments are closed.

Comments are closed.