VSHub: Variasi Menarik Layanan Logistik

VSHub: Variasi Menarik Layanan Logistik

Dulu sewaktu baru saja pindah ke Jakarta, saya punya ide menjual layanan broker. Broker belanja di Jakarta bagi penduduk di luar Jakarta (waktu itusaya hanya berpikir Jogja). Inti idenya sederhana saja. Pembeli tinggal menyebut barang apa yang ingin dibeli, bisa dari hasil pencarian mandiri atau memilih dari katalog sederhana yang saya buat berkala. Barangnya akan dihantar pada saat saya balik ke Jogja. Silly and stupid but might just work.

Well what do you know, rupanya VSHub (Virtual Shopping Hub) punya konsep yang mirip dengan ide saya tersebut. Hanya saja lebih modern dan mengakomodasi model bisnis yang well planned.

The Essence

Membuka marketplace itu bukan perkara mudah, buktinya tidak banyak yang terjun ke bidang ini. Ada banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun sistem, menarik pelanggan dan juga penjual. Belum lagi mengurus integrasi dengan pelbagai payment gateway demi kemudahan dan kenyamanan aktivitas jual beli.

Daripada membuat another marketplace atau online store, VSHub tampaknya mencoba fokus pada isu delivery dan penghematan belanja.

Sorry, We Can’t Ship To Indonesia

Pernah bertemu kalimat di atas? Sebal. Tak bisa kita menyalahkan merchant karena bisa saja pembatasan ini dilakukan demi menghindari fraud atau sengaja untuk mengontrol pengeluaran ongkos shipping. Ongkos shipping yang tinggi bisa membuat penjual merugi oleh karena itu beberapa alamat pengiriman memang tidak dilayani.

VSHub cerdas membidik masalah tersebut. VSHub menjual layanan alamat virtual di US yang bisa didapatkan cuma-cuma saat registrasi. Dengan cara seperti ini, kita masih tetap bisa membeli barang karena alamat pengiriman masih di US. Dengan cara ini, pembeli juga bisa diuntungkan dari penghematan biaya pengiriman barang. Alih-alih membayar biasa shipping masing-masing barang ke alamat asli kita maka kita cukup membayar ongkos shipping tiap-tiap barang ke US (most probably zero) plus ongkir sekali ke alamat asli kita. Hitungannya yang berdasar volume/berat juga bisa memangkas ongkos karen semua pesanan kita dibungkus dalam satu kotak.

How You Can Clone VSHub

Jika Anda cermat mengamati, membuat layanan seperti VSHUb ini seperti membuat perusahaan logistik. Dengan tambahan kita bisa bisa menjadikannya pool barang-barang yang kita beli dari pelbagai tempat. Jadi sebenarnya idenya gak unik-unik amat dong? Memang tidak, tapi tak semua bisa mengeksekusi plan seperti ini bukan?

How To Make A Better VSHub?

Sudah jelas, pertama luaskan jangkauan layanan. VSHUb sendiri sudah berekspansi untuk mendukung pengiriman dari Jepang. Pilihan opsi beli pun makin meningkat. Segmen otaku atau fashionista yang gemar membali barang-barang aneh dari jepang tak perlu bingung harus memesan di mana supaya tidak terbebani ongkos kirim. Tak perlu mencari orang tertentu tapi cukup memakai layanan yang sudah punya kredibilitas.

Yang kedua, get a better deal with the foreign merchant. Selain meluaskan jangkauan layanan, VSHub juga bsia bekerjasama dengan merchant setempat untuk memberikan diskon khusus bagi pelanggan VSHub. Lihat saja merchant yang paling sering bertransaksi lalu ajak kerjasama.

Ketiga, get a better deal with local logistic company. VSHub tentunya tak bekerja sendirian. Coverage pengiriman bisa diperluas dan diperhemat dengan jalan bekerjasama dengan partner yang tepat.

Keempat, nurture a community. Daripada bergantung pada end user, kita bisa mendidik dan memberdayakan komunitas pengusaha yang memanfaatkan VSHub. Di daerah tentunya masih banyak yang tertarik dengan layanan seperti ini. Kita manfaatkan dan berdayakan para kader ini untuk membuat dan memelihara pasarnya sendiri. You only need to invest once, the rest will come by itself (theoritically)

Jangan-jangan Anda sudah punya calon-calon partnernya? Tunggu apalagi, bikin yang lebih bagus! jangan lupa coba layanan VSHub ini untuk mendapatkan feeling bisnis-nya dan mencari tahu hal-hal yang bisa dijadikan diferensiator layanan baru Anda.

Bersemangat?

PS:

Untuk keperluan testing, Anda boleh membeli barang-barang seperti di bawah ini buat saya 😀

14 thoughts on “VSHub: Variasi Menarik Layanan Logistik

  1. excellent. udah lama gue nunggu layanan seperti ini. pernah beberapa kali nemu jasa serupa di k*sk*s tapi belum ada yang sreg, baik komunikasi maupun harga. moga-moga ini cocok.

  2. ada satu hal yg lumayan sering jadi ganjelan utk model forwarding service kayak gini nih. Pembeli kan mesti bayar ke retailer/merchant nya secara langsung .. kemungkinan besar kalo gak ngelayanin pengiriman ke negara tertentu, juga gak bisa terima kartu kredit dari negara yg bersangkutan ..

  3. @ariawan
    Hehehe, iya tuh kadang-kadang kartu kreditnya juga direject :D. Makanya ada Virtual CC :p. Harusnya juga ada hub untuk pembayaran ya? Tapi urusannya mungkin bakal sama “rempong”-nya dengan bikin toko online sendiri 😀

  4. @ariawan : setuju
    Mending sekalian kayak layanannya Cendrawasih.com yang juga jadi perantara pembelian, jadi nggak ada acara CC Indo ditolak.

  5. hemm.. saya sampai sekarang kok masih belum bisa mempercayai sistem pembayaran kartu kridit pada situs situs Indonesia ya,,, entah mengapa, mungkin saya banyak membaca dan mendengar bahwa banyak praktek-praktek ilegal yang ada di situs situs di Indonesia, saya lebih memilih untuk membeli secara kontan melalui toko

  6. Jangan kan semangat Ton, sekarang aja belum terpikir apa VHub diatas bbisa berjalan ‘normal’ di ranah lokal. Secara eCommerce aja ngak berjalan sebg mana diluar sana..

  7. Pengiriman logistik seperti Aramex dan DHL bukannya punya penawaran yang mirip ya. Mereka menyewakan alamat lokal terhadap merchantnya, lalu dialihkan ke alamat yang benar. Kayak call forwarding, tapi ini address forwarding.

  8. Ulasan yang menarik, Ton!

    Antusiasme saya terhadap VSHub langsung redup ketika pendaftaran anggota baru selalu gagal (setelah 3 kali mencoba), tanpa pesan yang informatif. Semoga VSHub dapat segara memperbaiki flow yang sangat penting ini. Tingkat kepercayaan pengunjung perlu dibina sejak awal; iya, mulai dari proses signup.

  9. Saya punya pengalaman buruk menggunakan jasa vsHUB.

    vsHUB tidak bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan.

    Jangan percaya dengan apa yang mereka janjikan di FAQ mereka.

    Mereka menjanjikan 6-8 hari kerja , itu bull shit. mereka mengantarkan barang saya dlm 28 hari kerja itupun setelah saya mengirimkan email 4 kali menanyakan pengiriman brg saya tanpa balasan dan setelah yg email yg kelima dengan mengancam akan menuntut baru di balas email saya dan brg saya terima seminggu setelahnya.

    Perusahaan ini sangat mengecewakan dan tidak bertanggung jawab dan tidak jujur. Sudah pengirimannya terlambat jauh dari apa yg dijanjikan, saya kehilangan jam tangan, tas tertukar dan gift reward card saya hilang semua.

    setelah saya complain dan dibantu oleh ekspedisi lokal di Indonesia , mereka mengantarkan jam tangan saya yang tertinggal kata mereka. Tapi sampai saat tas dan gift reward saya belum dikembalikan.

    Saya menclaim mereka untuk refund ongkos kirim yg saya keluarkan sebesar Rp 2.976.000 dan free untuk satu invoice saya lagi disana, karena mereka membongkar 6 box barang saya dari toko2 yang berbeda dan mencampur semua barang saya dengan berantakan menjadi satu kardus.

    Point ini melanggar FAQ mereka karena dalam FAQ mereka tidak menerima pengemasan ulang dan akan mengirimkan dalam kardus resmi yg dikirimkan dari toko dan mengharuskan konsumen untuk menbayar full dalam ukuran metrix kardus-kardus tersebut.

    berikut point FAQ yang saya ,maksudkan:

    FAQ
    Pengiriman

    1. Kapan saya akan menerima pesanan saya setelah saya melakukan pembayaran?
    Setelah pembayaran dilakukan, barang-barang Anda akan dikirimkan dalam jangka waktu 6 – 8 hari kerja untuk Standard Shipment dan 2 – 3 hari kerja untuk Express Shipment.
    2. Dapatkah Anda mengemas kembali barang-barang saya menjadi kotak dengan ukuran yang lebih kecil?
    Kami tidak menerima pengemasan ulang: Semua barang akan dikirimkan dalam kemasan aslinya dari penjual.

    Setelah saya mendesak mereka unutk menyelesaikan , pada tgl 14 Januari saya mendapat telp dari orang yang mengatasnamakan dari vsHub , dia menyatakan akan menganti ongkos kirim saya dan tas saya pada hari senin tgl 17 januari 2011, tapi sampai saat ini tidak ada sama penggantian sama sekali.

    Bahkan saya mendapatkan email dari mereka tgl 17 Januari 2011 bahwa mereka akan memberikan discount 5% untuk invoice saya berikutnya yang sudah saya bayarkan full pada tanggal 13 januari 2011 dan tidak membahas sama sekali refund yang mereka janjikan dan akan menganti tas saya dengan sejumlah uang. Tas itu bahkan sudah bisa dibeli lagi karena sudah sold out.

    Perusahaan ini , bener2 bull shit.

    Saya akan terus memposting di semua tempat yang memungkinkan biar semua orang tahu bahwa perusahaan ini tidak bisa dipercaya.

  10. Hi, saya udah pernah memakai vshub ni 2 kali dan saya dapati servis mereka ok juga. Saya ingin kongsikan satu lagi servis freight forwarder yang bisa dipercayai dan menawarkan shipping ke Indonesia. Coba http://www.viadress.com. Mahu tahu kenapa ya saya suka banget dengan serives mereka? Ini dia jawapannya:

    Registeration _ FREE

    Membership – FREE

    Concierge Service Fee – FREE

    Consolidation of Multiple Packages – FREE

    Consolidation Fee _ FREE

    Repackaging (To Lower weight) – FREE

    Product Images – FREE

    Duration Of Storage For 90 Days – FREE

    Weekly Storage Fee (After FREE Storage Duration End) – NONE

    Other Fees – NONE

    Paypal Offered – Yes

    International shipping Carriers – Fedex, USPS, DHL, UPS

    Sekarangkan udah bisa membuat keputusan yang mana baik mana buruk. Tiada ruginya anda mencoba hari ini kerna ianya percuma!

  11. Saya punya pengalaman buruk dg vshub. Berat kiriman 2.8kg dihitung volumetrik 13kg. Katanya besar kotak sudah dihitung dengan benar. Capek berkomunikasi via email, minta alternatif solusi (sy sudah tawarkan beberapa solusi). Terakhir mrk kasi disc 25%. Terpaksa saya terima. Ternyata packing yg saya terima tidak sesuai ukurannya dengan yang mereka informasikan. Saya tidak bisa terima, jika mereka katakan kotak say abesar, maka saya harus menerima kotak tersebut. Saya langsung email dan ini sedang menunggu respon. Kita lihat saja apakah mereka merespon.

  12. Pengalaman saya menggunakan jasa pengiriman vsHUB tidaklah
    mengenakan dan sungguh mengecewakan.
    Pada awalnya saya memesan 7 barang berupa 6 tas dan 1 jam
    tangan. Keluhan pertama adalah ukuran volume yang dibebankan berlebihan. Ketika
    barang-barang sampai, saya ukur ulang semuanya dan seharusnya saya membayar 60%
    dari biaya yang dibebankan. Setelah diskusi melalui telepon, disepakati bahwa
    vsHUB akan mengembalikan 30% (dari yang seharusnya 40%) dalam jangkan waktu
    yang tidak jelas. Setelah menunggu cukup lama, merengek, dan bicara keras, baru
    uang tersebut dicairkan ke rekening saya.
    Keluhan kedua adalah 3 dari 7 barang yang saya pesan
    ternyata memiliki cacat. 2 tas memiliki baret dan 1 tas memiliki tanda bekas
    disilet/ cutter. Cukup kentara sehingga jika dijual kembali, tas-tas tersebut
    kemungkinan besar akan ditolak.
    Berdasarkan pengalaman saya ketika membeli barang-barang
    dari orang Amerika melalui online yang telah saya lakukan sewaktu kuliah di
    Amerika (Ohio State University di Columbus, OH), orang-orang Amerika cukup
    jujur untuk menyatakan kerusakan barang-barang yang dijualnya (high-trust
    society). Bahkan beberapa penjual di Amerika akan menerima barang-barang yang
    sudah dijual/ dikirim jika pembelinya tidak puas. Bagi saya, sulit dipercaya
    untuk melihat rekor 3 kerusakan dari 7 barang yang dikirim disebabkan oleh
    penjualnya di Amerika, sebagaimana yang diucapkan oleh vsHUB sebagai pembelaan.
    Keluhan ketiga adalah jam tangan yang kami pesan sampai ke
    tangan kami dengan setelan waktu lokal Indonesia, persis sampai ke jarum
    menitnya.
    Kami juga sempat menggunakan jasa forwarder lain dan
    hasilnya jauh lebih baik. Tas-tas yang kami pesan masih dalam keadaan perawan,
    yaitu masih dibungkus kertas dan dibungkus plastik pabriknya. Berbeda dengan
    vsHUB yang dibungkus dengan plastik ala vsHUB. Saya merasa bahwa vsHUB kurang
    menghargai privasi saya. Bagi saya, vsHUB tidak memiliki alasan yang kuat untuk
    mengganti plastik kemasan produk asli yang saya beli.
    Tidak ada 1 barang pun yang diganti vsHUB. Saya sungguh
    kecewa/ rugi. Saya tidak akan pernah menggunakan jasa vsHUB lagi.
    NB. Jika saya ‘parno’ dan mengamat-amati semua tas yang saya
    terima akhirnya hanya ada 1 saja yang kondisinya ‘mint’. vsHUB juga menjual
    tas-tas impor di website-nya.

Comments are closed.

Comments are closed.