Define Differentiation

Define Differentiation

Diferensiasi, inilah yang dicari banyak orang. Apalagi jika sudah masuk ke arus mainstream. Everybody is on the same page, heading the same direction, on the same boat. Diferensiasi adalah langkah yang akan dia tempuh untuk menuju titik akhir sebagai yang pertama. Ada yang terjun dengan pelampung. Ada yang mendayung kano penyelamat. Ada yang menikmati kapal seolah sedang tamasya. Diferensiasi adalah apa yang kita yakini sebagai perangkat terbaik untuk mencapai tujuan kita.

Differentiation is Doing The Impossible!

Contoh termudah, Zappos. Menggratiskan biaya kirim termasuk jika pelanggan kurang puas dan inign menukar barang adalah tindakan bodoh dan gila. Menarik tapi beresiko tinggi karena bisa saja pelanggan melakukan gaming pada sistem. Bukannya revenue yang didapat malah tekor ongkos kirim tiap hari. Itis insane and impossible to do, yet they pull it out.

Melakukan hal yang mustahil (dilakukan oleh orang lain) adalah apa yang membuat kita berbeda dan unggul. Dan cara mencari pembeda ini pun sangat mudah. Tanya saja apa yang tak mungkin dilakukan orang dalam memberikan suatu layanan? All you can eat dulu mungkin ide gila, tapi jadi strategi umum saat ini.

Differentiation is Owning A Huge Valuation

Screw revenue! Screw profit! We will hit IPO. Sean Parker mengajarkan pada Zuckerberg untuk tidak cepat puas. Jangan berhenti pada angka jutaan karena sebenarnya kita bisa mencapai angka 12 digit. Menarget valuasi tinggi berarti menjadi raksasa yang menjadi magnet bagi investor. You eat, a lot and focus on one thing: getting bigger. So big that you become a plate people eat on. Menjadi Facebook dan Twitter yang begitu besar dan menjadi platform kebergantungan pihak-pihak lain. Revenue dan profit? Itu soal membalik telapak tangan. Every inch of your body is a seed of revenue and profit.

Differentiation is Having the Longest Breathe

Tiap jenis layanan tidak selalu beranalogi dengan sprint tapi kadang kala justru mirip maraton. You don’t need to win every corner but you need to arrive first at the REAL finish line.

Hal yang cukup njlimet di sini adalah menentukan finish line mana yang bakal Anda anut? 1 tahun? 5 tahun?10 juta pengguna? Di fase mana Anda harus menghemat napas dan di tikungan mana Anda mulai sprint.

Bagaimana menurut Anda? Apa yang Anda sebut sebagai diferensiasi?

PS:
Sebenarnya, saya lebih cenderung ke nomor 1. Sisanya adalah penjabaran dan detil poin tersebut. Setuju?

5 thoughts on “Define Differentiation

  1. Differensiasi?
    Diferensiasi lebih dari sekedar berbeda
    Di tempat saya ada toko yang aneh-aneh produk dan namanya tapi ga laku
    Lebih dari diferensiasi itu sendiri, pelayanan jauh lebih penting
    Karena pelayanan itu sendiri bagian dari produk

    Contohnya:
    Ya saya akan melakukan Publikasi tentang XL
    memberi saran supaya menghilangkan 80% dana iklan tv
    menghilangkan 80% bilboard
    dan 100% koran
    apa itu berhasil atau tidak saya tidak tahu
    Ya… seperti “small is the new big” mungkin ide itu tidak akan ditanggapi
    tapi apa salahnya mencoba

    Semua dana itu akan diberikan pada orang yang paling berhak menerimanya:
    pelanggan

    Kalo pun gagal toh saya ga rugi apapun. Kalo berhasil mungkin bisa ikut membuat perubahan…

    Dan XL ga perlu menjadi berbeda, cukup membuat pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Misal jaringan sampe ke pelosok, internet dimurahkan, dll.
    Toh pengguna sekarang adalah kaum muda, yang membicarakan segala sesuatunya.
    Dan sekarang pembicaraan hanya dilakukan berjarak satu klik.
    Bukan cuma word of mouth, tp word of twit, word of blog, word of FB, dll

    Salam…

    http://leechamber.blogspot.com

  2. I believe that paying attention to details is one of the effective ways to differentiate your product / service / self. This is even more so if it was executed with consistency. Your offerings might have similarities with others but your clients (can be users, shareholders, etc.) will notice — hopefully appreciate and stay with you — the things that are carefully thought through. When done right, this practice will be a powerful (and free) marketing agent for your brand.

Comments are closed.

Comments are closed.